OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 24 April 2018

PAN Makin Menjauh dari Jokowi

PAN Makin Menjauh dari Jokowi

Logo PAN

10Berita, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan mayoritas kadernya tidak mendukung Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon presiden pada Pemilu 2019. Dia menyampaikan, dukungan dari internal PAN mengarah ke figur selain Jokowi.

"Aspirasi, kecenderungannya untuk capres lainnya," kata Viva, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Baca Juga : Prabowo Nyapres, PAN Galau

Menurut Viva, aspirasi dari internal PAN sesuai dengan pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang ingin partainya mengusung figur selain Jokowi pada Pemilu 2019. Namun demikian, Viva tak menutup semua kemungkinan karena waktu pendaftaran capres-cawapres masih sekitar empat bulan lagi.


Menurut dia, masih terbuka kemungkinan dibentuknya poros ketiga antara PAN, PKB, dan Partai Demokrat dengan nama poros tengah, poros keumatan, atau poros kebangkitan nasional. Keyakinan Viva masih bisa terbentuknya poros ketiga didasari sebagian besar partai belum mengeluarkan SK dukungan untuk figur capres-cawapres tertentu.

"Kalau dilihat dari aspirasi PAN seperti itu. Tapi kan kita lihat dinamika berkembang masih ada sekitar tiga bulan. Bagaimana dinamika dan bagaimana dinamika politik di masing-masing partai politik," ujarnya.

Baca Juga : Demokrat Yakin Poros Ketiga Terbentuk

Pada 2014, PAN berkoalisi bersama Partai Gerindra, PKS, dan Partai Golkar mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai capres-cawapres. Namun setelah pilpres selesai dan jagoan yang diusungnya kalah, PAN balik badan mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Kini, jelang Pemilu 2019, PAN kembali siap bermanuver. Sempat menguat wacana pembentukan poros ketiga, tapi terancam buyar karena PKB sudah menyatakan bakal mendukung Jokowi sebagai capres.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dimunculkan sebagai figur cawapres. Namun keinginan PAN mengusung figur pada panggung pilpres tak akan tercapai tanpa berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi ambang batas pencalonan (presidential threshold).


Infografis capres-cawapres (era.id)

Sumber : era.id