OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 16 April 2018

Memanas! China Dukung Rusia Dan Akan 'Hantam Amerika' Dengan Cara Ini

Memanas! China Dukung Rusia Dan Akan 'Hantam Amerika' Dengan Cara Ini

http://www.scmp.com/news/china/diplomacy-defence/article/2141322/chinese-navy-stages-double-show-strength-us-strike

10Berita, Sejumlah latihan oleh kekuatan laut China akan dilakukan di Selat Taiwan untuk menunjukkan kekuatan militer dan dukungan untuk Moskow, menurut sumber yang dikutip oleh South China Morning Post (15/4/2018).

“Peringatan Donald Trump tentang serangan militer terhadap pasukan Suriah sedikit mengejutkan bagi Beijing dan Moskow" lanjut sumber tersebut.

Sumber tersebut juga menyebutkan sebagai dukungan kepada Rusia, China akan 'menghantam' AS dengan cara 'membuat masalah pada waktu yang tepat' dengan menunjuk pada latihan perang di selat Taiwan.

"Sebagai mitra strategis Rusia, Beijing sedang mencoba untuk menyebabkan masalah yang sangat tepat waktu dan dikendalikan untuk AS, latihan di Selat Taiwan menjadi pilihan yang paling masuk akal yang akan menguntungkan Xi dan rekannya dari Rusia, Vladimir Putin." tambahnya.

http://www.scmp.com/news/china/diplomacy-defence/article/2141690/beijing-takes-aim-taipei-last-minute-live-fire-drills?edition=hong-kong

News18 (16/4/2018) melaporkan China "menentang penggunaan kekuatan" setelah serangan udara pimpinan AS terhadap Suriah dan menyerukan "kembali ke kerangka hukum internasional".

"Kami secara konsisten menentang penggunaan kekuatan dalam hubungan internasional, dan menganjurkan untuk menghormati kedaulatan, kemerdekaan dan integritas teritorial semua negara," kata juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying

"China percaya bahwa solusi politik adalah satu-satunya jalan keluar yang realistis untuk masalah Suriah," tambahnya.

https://sputniknews.com/middleeast/201804141063555313-china-syria-strike-us-reaction/

Sementara Southfront (15/4/2018) melaporkan koalisi AS, Inggris dan Prancis telah menembakkan 103 rudal ke Suriah, namun 71 dari mereka ditembak jatuh oleh pasukan Suriah, Kepala Departemen Operasi Utama Staf Umum Rusia, Sergey Rudskoy, mengumumkan dalam konferensi pers singkat pada 14 April.

China terlihat mendukung Rusia namun dengan cara elegan yaitu 'membuat masalah pada waktu yang tepat' untuk AS. China juga secara aktif menyerukan bila solusi politik adalah satu-satunya jalan keluar yang realistis untuk masalah Suriah saat ini.

sumber:

www.scmp.com/news/china/diplomacy-defence/article/2141690/beijing-takes-aim-taipei-last-minute-live-fire-drills?edition=hong-kong

www.news18.com/news/world/china-opposed-to-the-use-of-force-against-syria-1718293.html

southfront.org/russia-says-syrian-forces-intercepted-71-of-103-launched-missiles-announces-possible-s-300-systems-deliveries-to-syria/

UC News