OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 11 April 2018

Memory Internal Smartphone Anda Sering Penuh? Jangan Bingung Ini Solusinya, Mau tahu!

Memory Internal Smartphone Anda Sering Penuh? Jangan Bingung Ini Solusinya, Mau tahu!



10Berita, Pastinya kamu akan kesal ketika ingin menginstal aplikasi Android atau memasukkan data ke smartphone kamu, tapi memori smartphone kamu sudah tidak cukup ruang. Tentu hal ini akan membuat kamu jengkel sekali, mau menghapus file atau aplikasi Andorid, namun itu sangat penting bagi kamu.

Pernahkah Anda mencoba memasang aplikasi tapi tiba-tiba saja ada notifikasi “tidak cukup ruang”? Ini karena ruang penyimpanan internal pada Android anda penuh maka anda disuruh melepas beberapa aplikasi.

Namun, masalahnya adalah semua aplikasi lain yang akan dikeluarkan dari download playstore yang masih kita pakai.

Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

Jadi solusinya adalah dengan cara ;

Hapus Aplikasi Android yang tidak pentingHapuslah aplikasi Android standar yang hampir tidak kita gunakan, seperti aplikasi Google Drive, Email, Power Point dll.Tapi perhatikan, saat menghapusnya, kita tidak hanya menghapus namun akan menghapus ke akar sehingga sisa-sisa bekas file aplikasi tidak ketinggalan dalam penyimpanan internal. Nah begini cara menghapus aplikasi default:Kemudian, Silakan kalian pergi ke pengaturan lalu pilih Aplikasi.Lalu Hapus aplikasi yang jarang digunakan atau yang tidak pernah sama sekali digunakan. Sebagai contoh misalnya disini saya akan menghapus aplikasi Google Drive.Selanjutnya kalian pilih Penyimpanan pilih HAPUS DATA.Kemudian Anda kembali ke tampilan sebelumnya, barulah sekarang kalian klik tombol NONAKTIFKAN (hapus).Saat notifikasi muncul, silahkan klik OK.

Nah, sekarang aplikasi standar yang mengambil ruang sudah terhapus. Temukan lagi aplikasi lain yang menurut Anda tidak pernah digunakan dan lakukan dengan cara yang sama seperti di atas sehingga Anda tidak lagi memperhatikan pemberitahuan memori penuh.

Tidak hanya sampai di sana sendiri, ada masalah lain yang sering menyebabkan memori cepat penuh, yakni aplikasi update otomatis.

Untuk smarphone dengan spesifikasi rendah sebaiknya tidak mengaktifkan fitur ini karena membutuhkan ruang yang besar.

Setiap aplikasi harus meminta untuk di update. Maka tak heran jika tiba-tiba ruang penyimpanan internal berkurang tanpa sepengetahuan. Untuk itu, mari kita lihat cara menonaktifkan update otomatis Android.

2. Cara untuk menonaktifkan update otomatis pada Android.

Silakan buka Play Store Anda, lalu klik tombol di pojok kiri atas, scroll kebawah, lalu klik Setelan.Pada setelah Umum, kalian pilih Perbarui aplikasi secara otomatis.Pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.Setelah itu, maka setiap aplikasi pembaharuan akan meminta izin terlebih dahulu, apakah diizinkan untuk di pembaharuan atau tidak itu semua terserah kepada anda.

3. Tambah Memory Internal

Selain itu juga anda bisa Tambahkan memori eksternal yang cukup besar untuk smartphone kamu supaya dapat menyimpan file lebih banyak. Memori eksternal yang Jaka sarankan adalah 8 GB hingga 16 GB. Jangan pernah berkeinginan untuk menambah memori eksternal lebih dari 16 GB karena dapat meyebabkan smartphone Android kamu lemot, terutama untuk smartphone keluaran lama.

Referensi pihak ketiga

4. Instal Dari Market Lain

Dan yang terakhir adalah dengan cara yang satu ini menurut Mimin paling penting dan yang paling ampuh untuk memaksimalkan usaha kamu dalam membersihkan memori smartphone kamu yang penuh. Tanpa disadari, aplikasi ini penyumbang terbesar penyebab memori smartphone kamu habis. Aplikasi tersebut adalah Play Store, yang kita ketahui sebagai market aplikasi dari Android. Saran Mimin sih, supaya memori smartphone kamu tidak habis adalah dengan cara download dan menginstal aplikasi dari market lain selain Play Store.

Referensi pihak ketiga

Oke guys, itulah cara mengatasi memori internal penuh pada smartphone Android. Semoga bermanfaat ya! Jangan sungkan bagikan pengalamanmu mencoba cara ini di kolom komentar di bawah ini ya!

Sumber : jalantikus.com/ Cara atasi memori internal smartphone penuh.