OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 24 April 2018

Tuh Kan, TNI Kena Jebakan OPM

Tuh Kan, TNI Kena Jebakan OPM

 

suarapelita.com

10Berita, Peristiwa baku tembak yang terjadi antara TNI dengan kelompok separatis OPM di Kampung Banti, Tembaga Pura, Papua pada awal bulan ini akhirnya berujung pada tuduhan yang menyudutkan aparat keamanan di Indonesia.

TNI yang waktu itu berjibaku melawan kelompok bersenjata OPM malah dituduh telah melakukan penembakan kepada warga sipil.

detik.com

Seperti diberitakan bbc.com (5/4/2018), Seorang warga bernama Timotius Omabak dilaporkan tewas akibat terkena tembakan dari TNI yang menganggapnya sebagai anggota kelompok separatis.

Menurut kesaksian warga bernama Deserius Adii, anggota TNI yang saat itu mengejar anggota OPM, masuk ke area warga kemudian menembak korban yang sudah mengangkat tangan.

liputan6.com

Namun menurut Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel. Inf Muhammad Aidi mengatakan bahwa korban pada saat kejadian berada di dalam kelompok separatis OPM, ada kemungkinan korban merupakan warga sipil yang dijadikan tameng.

Jika dugaan korban adalah tameng ternyata benar, bisa jadi hal ini merupakan bagian dari rencana kelompok separatis OPM yang ingin menjebak TNI dan memperkuat tuduhan mereka selama ini bahwa TNI adalah pelanggar HAM.

Konten ini bukan karya jurnalistik dan merupakan pendapat pribadi penulis We-Media, serta tidak mewakili pandangan dari pihak UC News

Militer Indonesia - Kekuatan TNI terbesar di ASEAN, Menurutmu Kuat Mana Dibanding AS?

Kekuatan TNI berdasarkan firepower index 2017 yang dirilis situs Globalfirepower.com merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara dan Oseania, namun di sisi lain Kekuatan Militer Amerika Serikat di list yang sama berada di peringkat pertama. Kedua negara sering melakukan latihan militer bersama untuk meningkatkan keahlian personil, tapi menurutmu mana yang lebih kuat antara Militer Indonesia dan AS?

 Sumber :UC News