OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 03 April 2018

Tunjukkan Solidaritas, Penggemar Celtic Kibarkan 16 Bendera Palestina

Tunjukkan Solidaritas, Penggemar Celtic Kibarkan 16 Bendera Palestina

10Berita, SKOTLANDIA—Penggemar klub sepakbola Skotlandia Glasgow Celtic telah mengibarkanbendera Palestina selama pertandingan. Para penggemar Celtic menunjukkan solidaritas terhadap demonstran Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel pekan ini, di hari paling berdarah sejak perang tahun 2014.

Para penggemar Celtic FC melambaikan 16 bendera Palestina ketika pertandingan pada Sabtu (24/4/2018). Aksi tersebut sebagai dukungan kepada 16 warga Gaza yang tewas dalam demonstrasi massa menuntut hak untuk mengembalikan pengungsi Palestina, para penggemar melaporkan di media sosial.

Basis penggemar tim sepak bola Glasgow telah lama dikenal karena dukungan mereka untuk perjuangan Palestina dan sering menggelar aksi solidaritas dengan Palestina.

Banyak penggemar tim adalah keturunan imigran Irlandia dan bersimpati dengan nasib orang yang tertindas di seluruh dunia.

Tahun 2017 lalu, badan sepakbola Eropa telah menjatuhkan mendenda Celtic FC, setelah para penggemar mengibarkan bendera Palestina selama pertandingan Liga Champions dengan tim Israel Hapoel Beer Sheva.

Pasukan Israel telah menembaki puluhan ribu demonstran Gaza di dekat perbatasan pada Jumat (30/3/2018) menggunakan senjata dan gas air mata untuk mengusir demonstran yang mendekati pagar perbatasan yang dijaga ketat.

Insiden tersebut telah dikutuk oleh kelompok-kelompok HAM internasional dan politisi dunia. Israel dianggap telah ‘bertindak sewenang-wenang’ terhadap protes tersebut. []

SUMBER: Araby ,  Islampos.