OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 22 April 2018

Viral! JK Angkat Bicara Mengenai Dalang Korupsi Bank Century, Akhirnya Terkuak

Viral! JK Angkat Bicara Mengenai Dalang Korupsi Bank Century, Akhirnya Terkuak

Referensi pihak ketiga

10Berita, Wakil presiden priode tahun 2004 - 2009, Jusuf Kalla dihadirkan menjadi saksi pada persidangan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi). Jusuf Kalla memberikan kesaksian-nya terkait kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek dan penetapan Bank Century sebagai Bank gagal berdampak sistemik.

Referensi pihak ketiga

Dalam hal ini Jusuf Kalla bersaksi untuk mantan deputi Gurbernur Indonesia Budi Mulya. Pada persidangan tersebut, Jusuf Kalla dicecar beberapa pertanyaan dari pihak Jaksa Penuntut Umum.

Referensi pihak ketiga

Terdapat hal yang menarik pada kesaksian Jusuf Kalla tersebut terkait dengan apa yang sebenar-nya terjadi pada Bank Century. Menurut Jusuf Kalla Bank Century bukan bangkrut karena krisis, melainkan karena perampokan oleh pemiliknya sendiri.

"Apa yang melatarbelakangi bahwa Bank Century itu harus diselamatkan dan tidak diututup pada kejadian waktu itu?" tanya Jaksa Penuntun Umum kepada Jusuf Kalla saat persidangan.

"Pada tanggal 25 November 2008 atau 4 hari setelah bill out itu dan keputusan KSSK, maka Menteri Keuangan dan Gurbernur Bank Indonesia melaporkan kepada saya bahwa terjadi Bill Out dan pemerintah melalui LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) telah mengeluarkan dana sebesar 2,7 Triliun" Ungkap JK.

"Saya katakan kenapa terjadi?! ada apa ini? Kok bisa terjadi begitu? padahal ketentuan pemerintah tidak mengizinkan ada-nya Blacked Guarantee yang dapat menyebabkan Bill Out. Yang diputuskan pemerintah pada bulan oktober atau 1 bulan sebelum kejadian itu hanya Penjaminan Terbatas, yaitu maksimal 2 Miliar pada setiap rekening kalau terjadi apa-apa" Ujar JK.

"Setlelah itu saya tanya, kenapa anda mengeluarkan ini? apa yang salah dengan Bank ini, lalu disampaikan bahwa 'pemilik-nya' yang mengambil dana di Bank. Hal itu dijawab oleh Gurbernur Bank Indonesia. Kalau begitu saya katakan telah terjadi 'Kriminalisasi Perbankan' dan kalau begitu saya katakan ini perampokan" lanjut JK.

"Kalau perampokan terjadi oleh pemilik-nya, kenapa anda tidak lapor ke Polisi dan tangkap ini pemilik? lalu dijawab dasar hukum-nya apa? saya katakan itu urusan Polisi, bukan urusan Bapak untuk mencari dasar hukum-nya yang penting ada Kriminalisasi" pungkas JK.

"Karena Gurbernur Indonesia dan Menteri Keuangan tidak melaksanakan itu, saya langsung ambil tindakan. Kalau seperti itu saya minta kepada Polisi agar Perampok Bank itu ditangkap hari ini juga dan jam ini juga, karena inilah Perampokan terbesar yang terjadi pada waktu itu. Oleh karena itu, hari itu juga saya menelpon Kapolri untuk menangkap Robert Tantular dan dalam 2 jam ditangkaplah Robert Tantular" kelanjutan kesaksian JK.

Inilah Video selengkap-nya kesaksian Jusuf Kalla terkait kasus dugaan korupsi Bank Century :

https://www.youtube.com/channel/UCEyWfWQh0Lo_9bb_twNi5og

Sumber : UC News