OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 27 Mei 2018

3 Aplikasi Smartphone yang Penting saat Puasa

3 Aplikasi Smartphone yang Penting saat Puasa

10Berita – Untuk menjalankan ibadah puasa, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Selain fisik dan mental, kita juga perlu mempersiapkan hal lain seperti smartphone misalnya.

Kenapa? Karena smartphone saat ini menjadi perangkat wajib bagi manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan dapat mendukung hampir semua aktivitas para penggunanya, dari mulai bekerja, mencari hiburan, sampai memaksimalkan ibadah.

Salah satu cara mempersiapkan smartphone di bulan Ramadhan adalah dengan menginstall aplikasi yang dinilai sangat penting yang dapat membantu kita ketika menjalankan ibadah puasa. Karenanya kali ini, Tim Telset.id punya daftar aplikasi yang penting banget ketika puasa.

Aplikasi-aplikasi ini bahkan dapat membantu Anda ketika ingin sahur ataupun berbuka, sampai memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan melakukan berbagai hal positif hanya menggunakan smartphone.

Ingin tahu apa saja aplikasi penting saat puasa yang dapat membantu kita untuk dapat menjalankan dengan baik ibadah di bulan Ramadhan ini? Yuk simak!

Alarm

Sahur merupakan salah satu hal penting bagi umat muslim dunia ketika menjalani ibadah puasa. Sebab dengan menjalankan sahur, mereka bisa makan dan minum sampai waktu imsak datang agar nantinya mereka dpat menjalani ibadah puasa dengan sebaik-baiknya.

Nah, tentu Anda tidak mau ketinggalan sahur karena ketiduran kan? Karenanya, aplikasi alarm sangatlah penting di bulan puasa ini untuk dapat membangunkan Anda agar bisa menjalani sahur terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan aplikasi alarm standar pada smartphone Anda. Namun Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terbukti ampuh untuk membangunkan penggunanya.

Salah satu aplikasi rekomendasi kami adalah Alarmy. Tidak seperti apikasi alarm bawaan smartphone, Alarmy memiliki cara yang unik dan ampuh untuk benar-benar membangunkan penggunanya.

Ya, terdapat beberapa cara untuk mematikan alarm pada aplikasi ini seperti memfoto benda-benda tertentu, menyelesaikan soal matematika, sampai menggoyangkan smartphone beberapa kali.

Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi islami yang memiliki beragam kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk memaksimalkan ibadah puasa mereka di bulan Ramadhan ini. Seperti jadwal sholat termasuk waktu imsak sesuai dengan lokasi terkini dari penggunanya.

Selain itu, terdapat fitur-fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan seperti Al-Quran digital, doa-doa harian, menghitung nilai zakat, mengetahui tempat atau restoran yang sudah mendapatkan sertifikasi halal, sampai menjadikan smartphone sebagai alat untuk berdzikir.

Yang menarik, pengguna juga bisa mengisi waktu ngabuburit atau waktu berbuka puasa tiba dengan membaca kisah inspirasi harian, hingga saling mengirimkan kartu ucapan dengan kaligrafi yang indah. Keren kan?

Resep Masakan

Mempersiapkan hidangan sahur ataupun berbuka bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, tak jarang orang-orang yang menjalankan ibadah puasa menginginkan menu makanan atau minuman yang bervariasi untuk sahur maupun berbuka.

Karenanya, Anda tentu memerlukan aplikasi resep masakan yang menyajikan beragam resep selama puasa. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah Cookpad, yang memiliki banyak resep yang dapat diaplikasikan oleh Anda.

Khusus di bulan Ramadhan ini, aplikasi Cookpad menyediakan kolom “Menu Ramadhan” dengan beragam kategori masakan atau minuman di dalamnya. Seperti menu sahur, takjil, minuman es, makanan berkuah, kue, dan lainnya.

Resep dan cara memasak dari tiap menu cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, terdapat juga estimasi waktu memasak hingga jumlah porsi yang bisa dibuat.

Bagaimana menurut Anda? Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat membantu Anda saat menjalankan ibadah puasa ya! (FHP)

Sumber : Telset.id