OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 27 Mei 2018

Bosan Makan Kurma? Dibikin Smootie aja

Bosan Makan Kurma? Dibikin Smootie aja

10Berita, KULINER Ramadhan rasanya tak lengkap tanpa buah khas timur tengah bernama kurma.  Buah yang jadi menu berbuka puasa Rasulullah SAW ini bisa jadi makanan yang hampir selalu tersedia setiap Ramadhan.

Buah asal Timur tengah ini tidak hanya punya rasa yang manis, tetapi juga kaya akan manfaat karena mengandung karbohidrat, magnesium, kalium, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, vitamin A. Meski demikian, jika tiap hari mengkonsumsi makanan yang sama, tentu akan ada rasa bosan. Nah, bagaimana mensiasatinya?

Buah kurma ternyata bukan hanya bisa dimakan secara langsung loh, ada banyak menu pilihan yang merupakan olahan dari buah kurma. Salah satunya smoothies kurma. Mau tahu resepnya? Ini dia bocorannya.

Bahan:

7 buah kurma, buang bijinya

5 sdm oatmeal instan

200 ml susu cair

Air secukupnya untuk merendam kurma

Cara Membuat:

Rendam kurma dalam air selama minimal 30 menit agar lembut. Tiriskan.Campur kurma dengan oatmeal dan susu di dalam blender, lalu proses sampai halus.Smoothies kurma siap dinikmati langsung atau didinginkan dulu di dalam kulkas.

Nah, bagi yang tidak suka oatmeal atau jika tidak ada oatmeal, bisa diganti atau mengombinasikannya dengan bahan lain yangdisukai, misalnya alpukat atau pisang. Susu juga bisa diganti dengan yoghurt jika ingin mendapatkan manfaat untuk pencernaan.

Jika dirasa smoothies ini kurang manis, bisa tambahkan madu. Sebaliknya, jika saat dicicipi smoothies ini terlalu manis, tinggal tambahkan air secukupnya.

Bagaimana jika tidak ada blender? Setelah kurma direndam dan ditiriskan, campurkan dengan susu lalu lumatkan kurma dengan garpu. Setelah itu, tambahkan oatmeal dan aduk rata. Diamkan beberapa menit agar oatmeal mengembang. Karena teksturnya lebih kasar, smoothies tanpa blender ini lebih baik dinikmati dengan sendok. []

SUMBER: BERRYKITCHEN,  Islampos.