OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 30 Mei 2018

Hancurlah Israel! Rentetan Rudal Menghantam Tanpa Ampun, Iron Dome Dilumpuhkan?

Hancurlah Israel! Rentetan Rudal Menghantam Tanpa Ampun, Iron Dome Dilumpuhkan?

https://kufarooq3.blogspot.com/2016/07/could-north-korea-missile-strike-united.html

10Berita, Times Of Israel (29/5/2018) melaporkan bahwa wilayah Israel kembali diserang oleh serangan roket serentak pada selasa sore (29/5) waktu setempat yang diduga berasal dari jalur Gaza. Tidak ada korban tewas maupun cidera dalam serangan tersebut.

http://www.dailymail.co.uk/news/article-2682995/Israel-puts-40k-troops-alert-ground-offensive-airstrikes-Gaza-leave-10-Palestinians-dead.html

Laporan tersebut juga melanjutkan bahwa sirene peringatan rudal meraung-raung di beberapa wilayah perbatasan Israel setidaknya sebanyak enam kali yang dimulai dari sekitar jam 3 sore. Sirene tersebut membuat warga panik dan segera mengamankan diri ke tempat perlindungan rudal.

Haaretz (29/5/2018) melaporkan bahwa menurut pernyataan Pasukan Pertahanan Israel, 28 mortir telah ditembakkan dari Gaza ke Israel dalam serangan tersebut.

https://foreignpolicyblogs.com/2015/08/11/the-iron-dome-in-nato-russian-relations/

Sistem pertahanan rudal Iron Dome kembali menunjukkan keperkasaannya dengan menembak jatuh sebagian besar mortir yang datang, tetapi beberapa diantaranya dilaporkan berhasil menghantam Israel selatan, termasuk di halaman taman kanak-kanak.

Menurut laporan setempat Hamas dan faksi-faksi Palestina lainnya mengevakuasi markas dan pangkalan untuk mengantisipasi serangan balasan Israel. Laporan sebelumnya mengatakan IDF menyerang Gaza timur dengan tembakan artileri.

https://mostlymissiledefense.com/2012/07/19/ballistic-missile-defense-effectiveness-of-israels-iron-dome-system-july-19-2012/

Sedikitnya tiga tentara Israel dilaporkan terluka akibat pecahan peluru dari serangan 70 roket dan bom mortir yang kembali dilancarkan oleh militan pada malam harinya, menurut sumber militer, dalam Reuters (29/5/2018).

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan mengatakan itu sebagai tanggapan terhadap pembunuhan lusinan warga Palestina Israel sejak 30 Maret, terutama dalam demonstrasi di perbatasan Gaza.

https://forward.com/fast-forward/389913/hamas-hanukkah-plot-to-kidnap-israelis-thwarted/

"Brigade Qassam dan Jerusalem (kelompok sayap bersenjata) mengumumkan tanggung jawab bersama atas serangan terhadap instalasi militer (Israel) dan permukiman dekat Gaza dengan puluhan roket sepanjang hari," kata kelompok tersebut dalam pernyataan bersama.

Menurut admin, serangan roket semacam ini takkan mempan terhadap Israel yang terkenal akan pertahanan udara Iron Dome-nya. Serangan kecil begini hanya akan membuat Israel marah dan membalas lebih kejam. Bila ingin menyerang Israel secara penuh, pejuang Palestinya seharusnya terlebih dahulu mencari cara untuk menyabotase Iron Dome dan mematikan sistem peringatan rudal, bagaimana pendapatmu?

Sumber:

www.timesofisrael.com/fresh-barrage-of-missiles-fired-from-gaza-several-intercepted

www.haaretz.com/israel-news/rocket-sirens-heard-near-the-gaza-strip-border-1.6131162

www.reuters.com/article/us-israel-palestinians-sirens/gaza-militants-launch-barrages-across-border-israel-hits-back-with-air-strikes-idUSKCN1IU0BX?il=0