OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 30 Mei 2018

Satu-satunya di Asean, Indonesia Singkirkan Malaysia Jadi Pemilik 4 Geopark Dunia

Satu-satunya di Asean, Indonesia Singkirkan Malaysia Jadi Pemilik 4 Geopark Dunia

Geopark Ciletuh | Bisnis.com

10Berita, Terpilihnya Rinjani dan Ciletuh sebagai Geopark Global semakin mengukuhkan nama Indonesia di kancah pariwisata dunia. Karena itu pula, Indonesia jadi satu-satunya di Asia Tenggara pemilik empat Geopark Global.

Dilansir dari globalgeopark.org (19/4/2018) lembaga yang dikelola oleh UNESCO itu baru saja memasukan nama Rinjani ke dalam peta persebaran Geopark dunia. Dalam website itu, Rinjani disebut sebagai pegunungan vulkanik yang menyimpan harta karun geologi. Selain pegunungan, kawasan sekitar Rinjani juga kaya akan budaya seperti suku Sasak.

Rinjani | Tagar.id

Selain Rinjani, UNESCO Global Geopark (UGG) juga memasukan nama Ciletuh sebagai Geopark dunia. Serupa dengan Rinjani, Ciletuh juga menyimpan kekayaan alam hasil pertemuan lempeng antara Eurasian dan Samudera Hindia. Di Ciletuh, selain memiliki pemandangan indah, juga ada sejumlah desa adat yang harus dilestarikan.

Sebelumnya, Indonesia sudah punya dua Geopark dunia, yakni kawasan Gunung Batur di Bali yang dikukuhkan ada 2012 dan Gunung Sewu di Jawa tengah dan Yogyakarta beberapa tahun setelahnya.

Gunung Sewu | Republika.co.id

Artinya, kini sudah resmi Indonesia punya 4 Geopark Dunia dan jadi satu-satunya di Asia Tenggara yang memiliki Geopark lebih dari satu. Malaysia sang pemilik Geopark Lengkawi hingga saat ini hanya punya satu saja, sementara Thailand dan Vietnam, juga baru punya satu, itupun baru saja dicatat bersamaan dengan Rinjani dan Ciletuh.

Langkawi Malaysia | Depauls.com

Kabar baiknya, ke depan, Indonesia masih akan terus menambah Geopark Baru yang telah diusulkan ke UNESCO, di antaranya, Danau Toba dan Pulau Belitung, Kita tunggu saja.

Sumber :Politiklime