OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 04 Mei 2018

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan Bulan Ramadhan


10Berita, RAMADHAN merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Ada banyak keistimewaan di dalamnya. Apa sajakah itu?

Berikut ini keutamaan bulan Ramadhan:

1. Surga Ar Royyan sebagai balasan bagi yang berpuasa di bulan Ramadhan

Dari Sahl bin Sa’d ra. bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang disebut Ar Royyan. Itulah pintu yang pada hari kiamat dikhususkan bagi orang-orang yang berpuasa.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Allah menyiapkan surga khusus bagi para ahli puasa, yakni surga Ar Royan. Pintu surga Ar Royan kelak di hari kiamat hanya dibukakan untuk mereka yang berpuasa dengan penuh keikhlasan pada Allah Swt. Ini adalah reward atau hadiah teragung dari Allah Swt. untuk hamba-hamba-Nya yang berpuasa. Lebih khusus bagi mereka yang mengerjakan puasa di bulan Ramadhan yang mulia dengan penuh keikhlasan. Inilah keutamaan puasa Ramadhan yang pertama.

2. Dilipat gandakannya pahala dari setiap amalan

Allah menjanjikan pahala yang berlipat bagi setiap amal kebaikan yang dikerjakan di bulan ini, khususnya amal puasa dan umumnya amal-amal sunah yang dikerjakan bersamanya. Dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. mengabarkan bahwa barang siapa yang mengerjakan amalan sunah, nilainya sama dengan amalan wajib. Sementara itu, barang siapa yang melakukan amalan wajib, nilainya sama dengan melakukan 70 amalan wajib di bulan lain.

“…. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri (kepada Allah Swt.) dengan satu kebaikan, ia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib di bulan lain. Barang siapa mengerjakan satu perbuatan wajib, ia seolah-olah mengerjakan 70 kebaikan di bulan lain….” (H.R. Al Uqaili, Inu Huzaimah, Al Baihaqi, Al Khaib dan Al Asbahani)

3. Dosa-dosa diampuni

Keutamaan puasa Ramadhan selanjutnya adalah berlimpahnya ampunan dari Allah Swt. Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Pada bulan ini, kemurahan Allah berlimpah untuk hamba-hamba-Nya yang beriman. Allah berkehendak memberikan ampunannya pada mereka yang bersungguh-sungguh mengharap ampunan dari-Nya, yakni orang-orang yang beriman dan mengerjakan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan. Dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. Bersabda, “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah Swt., dosa-dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Selain tiga keutamaan di atas, masih banyak lagi keutamaan bulan suci Ramadhan. Nah, menjelang Ramadhan yang akan datang, kaum muslimin tentunya berbahagia, karena banyak kebaikan dan keberkahan yang menantinya.

Sumber: islampos