OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 15 Mei 2018

Panser Rudal AS Lawan Tank Rusia, Menang Mana?

Panser Rudal AS Lawan Tank Rusia, Menang Mana?

army.mil

10Berita, Defence Blog (13/5) memberitakan bahwa AS cukup yakin untuk bisa menjegal ambisi lapis baja Rusia dengan mengirimkan panser baru Stryker yang dilengkapi dengan rudal AGM-114R Hellfire, atau yang dikenal juga dengan Stryker MSL (Maneuver SHORAD Vehicle).

army.mil

AGM-114 Hellfire sendiri dikenal sebagai rudal yang bisa dan terbukti merontokkan tank-tank Rusia yang digunakan Irak dalam Perang Teluk II.

Stryker MSL sendiri sejatinya adalah platform ganda yang mengusung senjata antitank dan juga anti pesawat. Selain Hellfire yang sudah disebut di atas, Stryker MSL juga membopong rudal FIM-92 Stinger untuk menjatuhkan pesawat yang terbang rendah.

boeing.com

Menurut Direktur Program Analisis dan Evaluasi AD AS MayJend John Ferrari, “AD AS mencari solusi cepat untuk perang yang mungkin datang dalam waktu dekat.”

AD AS di Eropa memang butuh sistem pertahanan udara titik dan jarak dekat yang saat ini sangat kurang jumlahnya, bahkan nyaris tidak ada. Untuk melindungi manuver lapis baja, Stryker MSL diharapkan mampu menutup celah ini.

Sumber :UC News