OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 05 Mei 2018

Presiden Putin: Indonesia Mau Teknologi Rudal S-400? Rusia Akan Beri Selama Ada Uangnya

Presiden Putin: Indonesia Mau Teknologi Rudal S-400? Rusia Akan Beri Selama Ada Uangnya

Tass.com

10Berita, Tass (5/4) memberitakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan suatu kabar yang mencengangkan. Ketika ditanya apakah setiap negara yang mau membeli rudal S-400 akan mendapat transfer teknologi, Putin memberi jawaban pragmatis.

Tass.com

"Tidak ada larangan, tidak ada batasan, tidak ada urusan soal politik untuk produksi bersama dan transfer teknologi rudal S-400 ke Turki, ataupun dengan negara lain (termasuk Indonesia). Ini adalah sepenuhnya masalah komersial, bukan urusan politik atau masalah saling percaya."

Tass.com

Artinya, Presiden Putin tersirat mengatakan bahwa selama satu negara pembeli mampu membayar, Rusia dengan senang hati akan memberikan teknologi apapun yang dimaui. Putin pun senang dengan niat Turki yang sungguh-sungguh menggolkan pembelian S-400 pada tahun 2019.

Putin mengatakan bahwa sejumlah masalah termasuk kerjasama teknis militer adalah fokus pembicaraan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Betapapun, ucapan Presiden Putin sebenarnya adalah suatu kesempatan untuk memperoleh transfer teknologi rudal canggih, ya selama ada uangnya.

Sumber : UC News