OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 03 Mei 2018

Sebut SBY Lebih Baik Dari Jokowi Soal Papua, Natalius Pigai Ungkap Fakta Mencengangkan

Sebut SBY Lebih Baik Dari Jokowi Soal Papua, Natalius Pigai Ungkap Fakta Mencengangkan

Natalius Pigai (foto: detik.com)

10Berita, Nama Natalius Pigai beberapa waktu terakhir cukup dikenal publik lantaran kerap melontarkan kritikan terhadap kebijakan Pemerintahan Jokowi terutama berkaitan dengan daerah asalnya, Papua

Menurut Pigai, kritikan kritikan yang seringkali ia lontarkan bukan tanpa alasan, Ia sering mengungkapkan bahwa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, justru lebih baik dari pada Jokowi dalam hal memanusiakan rakyat Papua.

Hal ini menurut Pigai terlihat dari keterlibatan orang orang Papua di lingkaran Pemerintahan Presiden SBY, sehingga aspirasi rakyat lebih didengar dalam rangka mengatasi persoalan yang dihadapi Papua

Jokowi dalam kunjungan ke Papua (foto: tempo.co)

“SBY telah memanusiakan orang Papua, kok. Itu fakta dibandingkan dengan zamannya Jokowi. Maka ketika saya kritik itu, itu kritik berdasarkan fakta di lapangan,” ungkap Pigai, dilansir kompas.com (27/4/2018)

Kemudian Pigai menyebut nama nama putra papua di era SBY, seperti Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Vernando Wanggai, mantan Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Meksiko Barnabas Suebu, sehingga SBY lebih punya suara beragam dalam menyikapi persoalan di Papua.

Sebaliknya sekarang ini, di era Jokowi, Pigai mempertanyakan kepada siapa Jokowi berdialog mendiskusikan persoalan papua, menurutnya Jokowi hanya mengangkat orang-orang tak berkompeten dalam menyikapi persoalan Papua, alhasil Pemerintah hanya membuat kebijakan yang tidak efektif dan tidak menghadirkan solusi bagi rakyat Papua.

Pigai kembali mengungkapkan bahwa Ia tak asal kritik, semua berdasarkan fakta dan data, mengingat kapasitasnya sebagai Peneliti dan Komisioner Komnas HAM yang bersertifikat, sehingga ia tau persis data datanya.

Jokowi bersama anak anak Asmat (foto: tribunnews.com)

“Saya ini juga pernah jadi penyelidik Komnas HAM yang menjabat selama lima tahun. Semua kritik saya itu profesional, terukur, dalam rangka mengisi ruang-ruang kosong yang tidak pernah diisi oleh negara,” tegas Pigai.

Sumber:

suratkabar.id/89852/editors-pick/sering-kritik-jokowi-natalius-pigai-beberkan-alasan-mencengangkan/amp