OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 04 Juni 2018

55 Wartawan Terluka oleh Teroris Israel di Jalur Gaza

55 Wartawan Terluka oleh Teroris Israel di Jalur Gaza

10Berita, GAZA – Sedikitnya 55 wartawan yang meliput aksi protes yang sedang berlangsung di Jalur Gaza terluka oleh tentara Israel, kata pemerintah Gaza pada hari Ahad (03/6/2018).

“Pelanggaran yang dilakukan oleh Israel terhadap jurnalis di tanah Palestina telah mencapai total 125, 55 di antaranya terjadi di Gaza,” kata pernyataan pers, lansir Anadolu Agency.

Menekankan bahwa pelanggaran Israel terhadap jurnalis meningkat pada bulan Mei, pernyataan itu menambahkan: “Sembilan dari wartawan terkena peluru tajam, delapan terkena pecahan peluru peledak, 17 menderita akibat bom gas yang langsung ditembakkan ke arah mereka, sementara 21 lainnya menderita sesak napas dan pingsan.”

Pasukan Israel merusak empat kendaraan siaran langsung dengan menembakkan bom gas dan tujuh wartawan ditahan di Tepi Barat. Selain itu, tentara Israel dituduh menembak dan memukul jurnalis.

Menurut pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina hari Ahad, jumlah martir Palestina dalam demonstrasi Great March of Returntelah mencapai 123, termasuk 12 anak-anak, dua petugas medis, dua wartawan sedangkan 13.672 warga Palestina – 7.451 di antaranya terkena amunisi hidup – dilukai oleh tentara Israel.

Warga Palestina mengadakan aksi demonstrasi damai bernama Great March of Return di perbatasan Israel di Jalur Gaza sejak 30 Maret. Tentara Israel menggunakan amunisi langsung terhadap Palestina yang menuntut “kembali ke tanah tempat mereka setelah diasingkan dan mengakhiri blokade Israel yang tidak sah yang telah diberlakukan di Gaza sejak 2006 “.

Sumber : Jurnal Islam