OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 05 Juni 2018

Arab saudi akan serang Qatar, inilah perbandingan kekuatan militer keduanya

Arab saudi akan serang Qatar, inilah perbandingan kekuatan militer keduanya

Sumber: intisari online

10Berita, Arab saudi melaporkan bakal menyerang Qatar jika negara itu membeli sitem pertahanan anti serangan udara s-400 dari rusia.

Harian prancis le monde di lansir al-jazeera jumat (01/06/18), mengutip surat dari raja salman kepada presiden emanuel macron.

Dalam surat tersebut, raja salman berkata dia sangat memperhatikan dialog antara moskow dan doha seputar penjualan sistem pertahanan rudal tersebut.

Sumber: Serambi.com

Raja salaman yang meminta kepada macron agar meningkatkan tekanan kepada Qatar, pemimpin berusia 82 tahun itu berujar, dia khawatir dengan keamanan saudi jika Qatar membeli sistem rudal s-400, kekhawatiran raja salman tersebut, di dasari setelah sebelumnya pihak amerika serikat meminta arab saudi menekan Qatar agar tidak jadi membeli sistem rudal tersebut, lalu seberapa kuat pasukan militer Qatar bila di banding arab saudi, simak ulasannya.

Kekuatan angkatan darat arab lebih kuat di bandingkan Qatar

Sumber: Intelijen.co.id

Setelah adanya konflik dengan yaman dahulu, sepertinya arab benar-benar memperkuat militer daratnya, pasukan darat arab saudi setidaknya dibekali dengan sekitar 1.142 tank sedangkan Qatar hanya 92 unit saja.

Terlebih, sudah bisa di pastikan tank milik arab saudi lebih unggul, mengingat mayoritas perlengkapan tersebut adalah buatan Amerika serikat.

Kekuatan udara saudi lebih hebat dibanding Qatar

Sumber: Militermeter.com

Salah satu yang paling di takuti negara lain mungkin dari negeri minyak ini adalah pasukan udaranya, bagaimana tidak? negara ini mempunyai 177 pesawat tempur, 227 helikopter penyerang, 245 pesawat jet, dan juga 214 bandara yng sangat berguna.sedangkan Qatar hanya memiliki 18 pesawat tempur, dan 12 pesawat jet mirage 2000.

Kekuatan angkatan laut saudi tetap di atas Qatar

Sumber: Republika.co.id

Angkatan laut Qatar hanya memiliki sekitar 7 kapal serang cepat, 14 unit kapal kelas vita, sedangkan arab saudi mempunyai kapal selam 4 unit, 4 kapal perang, dan belum lagi persenjataan perang arab saudi di dukung penuh oleh pihak Amerika serikat, apakah menurutmu Qatar jadi ancaman arab saudi?

Sumber: Tempo.co