OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 25 Juni 2018

Ditanya Tentang Nabi Isa, Ini Jawaban Nabi SAW yang Membuat Quraisy Itu Terdiam Seketika

Ditanya Tentang Nabi Isa, Ini Jawaban Nabi SAW yang Membuat Quraisy Itu Terdiam Seketika

Referensi pihak ketiga

10Berita,  Pada suatu ketika, Rasulullah SAW sedang berdakwah di hadapan kaum Quraisy Mekkah. Ia menyeru kaum Quraisy untuk meninggalkan penyembahan berhala dan hanya menyembah kepada AllahSWT.

Rasulullah SAW berkata melalui Firman Allah SWT, “Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah adalah kayu bakar neraka Jahanam, kamu pasti masuk ke dalamnya.” (QS. Al-Anbiya : 98). Rasulullah menambahkan bahwa ayat ini ditujukan untuk tuhan-tuhan kaum Quraisy dan juga seluruh umat manusia.

Tiba-tiba salah seorang Quraisy yang bernama Abdullah bin Az-Zab’ari bertanya, “Bagaimana dengan Isa anak Maryam yang disembah orang Nasrani? Apakah ia juga menjadi kayu bakar neraka Jahanam seperti halnya tuhan-tuhan kami? “

Sejenak Rasulullah pun terdiam mendengar pertanyaan Quraisy itu. Sementara para Quraisy tertawa terbahak-bahak karena mereka merasa telah mampu mematahkan pendapat Rasulullah SAW. Diamnya Rasulullah SAW saat itu sebenarnya karena menunggu wahyu dari Allah.

Setelah beberapa saat, Rasulullah SAW kemudian menjawab, “Isa bukanlah anak Allah. Ia adalah seorang hamba Allah yang mengajak menyembah Allah. Allah memberikan nikmat kenabian kepadanya. Pendeta Nasrani yang meminta kaum bani Israil menyembah Isa. Nabi Isa dilahirkan tanpa bapak. Hal itu menunjukkan bahwa Allah dapat melakukan segala hal sesuai dengan kehendakNya. Allah SWT menjadikannya sebagai bukti kekuasaanNya kepada kaum Bani Israil.”

Sebenarnya orang-orang Quraisy itu bertanya hanya untuk membantah Rasulullah SAW dan bukan mencari kebenaran. Rasulullah SAW kemudian mempertanyakan kaum Quraisy yang menyembah berhala, padahal Allah SWT telah menunjukkan bukti-bukti kekuasaannya. Apalagi, mereka menyembah benda-benda yang diciptakan oleh mereka sendiri.

Setelah mendengar penjelasan Rasulullah SAW, kaum Quraisy seketika terdiam. Mereka tidak dapat membantah perkataan Rasulullah yang mengandung kebenaran.(Sang Pembelajar)

Referensi: jalansirah.com dengan analisis pribadi

Sumber: Kisah 25 Nabi dan Rasul dilengkapi Kisah Sahabat, Tabiin, Hikmah Islam, Rasulullah, wanita shalihah/ kajian Islam 2