OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 13 Juni 2018

HNW Skakmat KH Yahya Staquf, Ngaku Bela Palestina Kok Nyebut Nama Saja Kagak

HNW Skakmat KH Yahya Staquf, Ngaku Bela Palestina Kok Nyebut Nama Saja Kagak

KH Yahya Cholil Staquf berbicara di forum Israel

10Berita , JAKARTA – Kedatangan Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf ke Israel dikritik sejumlah kalangan.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang akrab disapa Gus Yahya ini dianggap tidak peka dengan perjuangan Palestina melawan pembantaian zionis Israel.

Menanggapi berbagai kritikan yang ditujukan kepadanya, KH Yahya Staquf mengatakan, dia menjadi pembicara di Israel sebagai upaya untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Saya berdiri di sini untuk Palestina, saya berdiri di sini atas dasar bahwa kita semua harus menghormati kedaulatan Palestina sebagai negara merdeka,” tegas Gus Yahya dalam forum diskusi yang diprakarsai oleh America Jewish Commitee (AJC) di Tel Aviv, Israel, dikutip NU Online dari akun YouTube AJC Global.

Dalam forum tersebut, Gus Yahya juga menjelaskan peran aktif Indonesia dan NU bagi keberlangsungan kehidupan sebuah bangsa di level global.

Hal ini merupakan salah satu usaha untuk meneruskan perjuangan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di sejumlah negara untuk mewujudkan perdamaian dunia, termasuk kemerdekaan rakyat Palestina.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengaku sudah mendengarkan rekaman video saat KH Yahya Staquf berbicara di forum diskusi yang dipandu Direktur AJC, Rabbi David Rosen.

Hidayat Nur Wahid

HNW menyatakan sudah membuka linknya. Namun, dia tidak menemukan pernyataan KH Yahya Staquf yang menyebut dirinya membela perjuangan rakyat Palestina.

“Saya sudah buka linknya, dan saya simak dari awal hingga akhir, saya tak dapatkan pernyataan Gus Yahya, yg kalau diterjemahkan ke dlm bhs Indonesia bermakna: ”Saya berdiri disini unt Palestina”. Jadi pertanyaan saya: dimana pernyataan tsb? Knp nggak ikuti sikap Bung Karno saja?,” cuit HNW melalui akun Twitter pribadinya @hnurwahid, Senin (11/6).

Menurut HNW, Gus Yahya berbicara di forum yang diselenggarakan oleh organisasi radikal bernama AJC. Organisasi ini dibentuk untuk kepentingan Israel.

“Krn The AJC yg beri forum unt Gus Yahya, adalah Organisasi Yahudi Radikal yg bertujuan al :”advocating for peace and security for israel”. Maka standing position mrk jelas unt israel, bukan unt Palestina. Israelpun bergembira dg kunjungan yg untungkan mrk, tapi Palestina kecewa,” kata HNW.

KH Yahya Cholil Staquf

Kehadiran Gus Yahya di Israel juga mendapat protes dari Palestina. Sumber tidak resmi Kedubes Palestina di Jakarta mengatakan, Kementerian Luar Negera Palestina telah mengirimkan surat protes kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia.

“Seandainya kehadiran Gus Yahya bermanfaat unt Palestina, tentu didukung Palestina. Tapi tidak. Mrk sudah khatam laku yahudi yg puluhan thn jajah Palestina, tanpa kenal kasih&keadilan spt diharapkan olh Gus Yahya. AJC plintir kunjungan itu unt keuntungan israel, bukan unt Palestina,” tandas HNW.

Hal senada dikatakan Azzam Mujahid Izzulhaq. Melalui akun Twitter pribadinya @AzzamIzzulhaq, ia mempertanyakan pernyataan Gus Yahya yang mengaku membela rakyat palestina di forum Israel.

“Saya menyaksikan tayangan tak terpotong langsung dari channel AJC sebanyak 5 kali. Saya perlambat 1 kali. Saya TIDAK MENEMUKAN kalimat We Stand With Palestine”. Bahkan kata PALESTINA TIDAK DISEBUT SATU KALI PUN,” cuit @AzzamIzzulhaq.

Berikut video KH Yahya Cholil Staquf saat berbicara di forum Israel:

Sumber : POJOKSATU.id