OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 08 Juni 2018

Mal Sepi Diskon 40 Persen Tidak Berpengaruh

Mal Sepi Diskon 40 Persen Tidak Berpengaruh

 

10Berita, JAKARTA – Lebaran tinggal menghitung hari tetapi pusat perbelanjaan di Jakarta masih sepi pembeli. Padahal, pusat perbelanjaan sudah menawarkan diskon besar.

Sepinya pembeli antara lain terekam di salah satu mal di Kembangan, Jakarta Barat. Mal itu telah memberikan diskon hingga 40 persen tetapi belum mampu menggaet konsumen berlimpah.

“Kami telah memberikan diskon 40 persen dari harga normal. Kenyataannya pembeli tetap saja sepi,” ucap Lina, pramuniaga toko busana perempuan di mal di Kembangan, Kamis (7/6).

Bila dibandingkan periode yang sama, kata Lina, daya beli masyarakat pada H-8 Lebaran tahun ini merosot 20 persen. “Kami berharap penjualan akan bergerak pada akhir pekan hingga H-2,” ujarnya.

Selain melemahnya daya beli, sambung Lina, sepinya pembeli juga lantaran sebagian masyarakat memilih mudik lebih awal. “Bisnis sekarang lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sudah dikasih diskon gede tetap saja gak ngaruh. Pembeli sepi,” katanya.

Wijaya Kusuma, penjual sepatu pria, juga mengeluh penjualan tahun ini lebih suram dibandingkan sebelumnya. Biasanya pada saat yang sama, ia mampu menjual hingga dua lusin sepatu. “Sekarang selusin pun belum terjual,” tuturnya.

Di tokonya, ia menjual sepatu lokal hingga buatan luar negeri dengan harga mulai Rp1 juta sampai dengan ke atas. “Saya juga heran kenapa pembeli jadi berkurang? Semoga saja besok hingga Lebaran pembeli yang tidak mudik mampir belanja,” harapnya. .

CUCI MATA

Sementara itu, sebagian pengunjung yang datang ke mal tersebut mengaku hanya cuci mata melihat berbagai produk anyar yang kini sedang ngetrend.

“Saya dan anak-anak mampir ke sini sambil ngabuburit. Tapi tidak untuk belanja, karena kebentur dengan biaya sekolah anak-anak,” kata Tanti, 48, warga Kembangan. (rachmi/ruh/st)

Sumber :poskota