OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 02 Juni 2018

Menolak Impor Beras Demi Bela Petani, Dirut Bulog Terancam Dipecat

Menolak Impor Beras Demi Bela Petani, Dirut Bulog Terancam Dipecat

 

Buwas-tolak-tambahan-impor-beras-500-000-ton (foto: detik.com)

10Berita, Sosok Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso kembali menunjukkan ketegasannya menolak rencana impor beras yang justru dinilai memberikan citra buruk bagi kinerja Pemerintah Jokowi, selain itu juga beresiko membuat harga beras melambung di pasaran.

Langkah tegas Buwas ini, dikhawatirkan memunculkan ketidak stabilan di Masyarakat akibat kelangkaan beras yang bisa membuat harga beras melambung tinggi jika menolak Impor, hal ini disampaikan Sekjen FSP BUMN Bersatu, Trisasono.

"Ini sudah tahun politik dan kampanye jangan sampai stok beras nasional kurang yang kemudian menyebabkan kelangkaan beras dan harga beras menjadi mahal," ujar Trisasono, seperti dilansir laman rmol.co (01/06/2018).

Sekjen FSP BUMN Bersatu, Trisasono (foto; netralnews.com)

Kemudian Trisasono mempertanyakan strategi manajemen logistik Mantan Kabareskrim Polri tersebut, yang nekat menolak impor beras hanya lantaran gudang gudang Bulog sudah penuh

"Apa Budi Waseso enggak tahu kalau swasembada beras tahun 2017 yang dicanangkan Pak Joko Widodo Gagal sehingga perlu stock buffer nasional untuk komoditi beras dengan cara melakukan impor beras," jelas Tri.

Selanjutnya Tri menegaskan kembali langkah Impor beras Pemerintahan Jokowi merupakan upaya Pemerintah mengantisipasi kelangkaan beras Nasional, apalagi menghadapi fenomena gagal panen akibat cuaca ekstrim tahun ini.

Tri mengimbau Buwas bisa memanfaatkan gudang-gudang milik BUMN seperti milik PT Pos Indonesia untuk mengisinya dengan beras Impor, atau bisa juga dengan menyewa gudang milik swasta.

"Jangan dirut Bulog bertameng pada nasib petanilah kalau impor beras nasional dilakukan, harus realistis selama ini Indonesia sudah jadi negara pengimpor beras kok " ungkap Tri.

kepentingan-ekonomi-politik-di-balik impor-beras (foto: forumkeadilan.com)

Ia menilai tindakan Buwas bisa membahayakan elektabilitas Jokowi di Pilpres nanti, untuk itu Tri mengimbau kepada Presiden Jokowi agar menindak tegas dengan cara menonaktifkan dirut Bulog tersebut.

Sumber:

rmol.co/amp/2018/06/01/342346/Bela-Petani-Tolak-Impor-Beras,-Dirut-Bulog-Pantas-Dipecat-