OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 03 Juni 2018

Motivasi untuk Menghidupkan Malam Ramadhan

Motivasi untuk Menghidupkan Malam Ramadhan

10Berita, RAMADHAN merupakan bulan yang sangat berkah, segala sesuatu ibadah yang kita lakukan akan diberikan pahala yang berkali-kali lipat pahalanya, lalu bagaimana kita menghidupkan malam-malam bulan ramadhan? berikut ini caranya.

1.Menghargai Waktu

Waktu merupakan modal utama kita dalam kehidupan dunia. Bulan Ramadhan adalah waktu istimewa untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, bulan Ramadhan merupakan moment atau event untuk memborong pahala.

Bulan Ramadhan itu ayyaamam ma’dudaat (hari-hari yang terhitung) bulan Ramadhan itu sebentar, maka jangan kita lewatkan begitu saja.

Menyia-nyiakan waktu di luar bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang merugikan, maka menyia-nyiakan waktu di dalam bulan Ramadhan akan membuahkan penyesalan.

Allah berfirman :

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

Demi masa(1) Sesungguhnya manusia dalam kerugian (2) Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran (3) [QS. al-ashr : 1-3].

Bulan Ramadhan ini kita jadikan kesempatan untuk menguatkan keimanan. Kita puasa atas dasar iman dan mengharap pahala, kita sholat malam atas dasar iman dan berharap pahala, dan seterusnya.

Bulan Ramadhan kesempatan meningkatkan amal sholeh. Bulan Ramadhan termasuk kesempatan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Semoga Allah memberkahi sisa umur (waktu) diberikan kepada kita. []

SUMBER: AL-MUSLIM