OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 09 Juni 2018

Sering Dikonsumsi Ternyata Minuman Umum ini Berbahaya

Sering Dikonsumsi Ternyata Minuman Umum ini Berbahaya


klikindomaret.com

10Berita, Minum merupakan kebutuhan utama pada mahluk hidup terutama manusia, sekitar 60-70 persen terkandung air dalam tubuh kita. Umumnya minum yang sehat yaitu 6-8 gelas perhari.

Kekurangan minum adalah hal yang berbahaya, karena dapat menyebabkan gangguan pada tubuh seperti dehidrasi, pusing, lemas, bahkan kematian dan bahaya lainnya.

Untuk itu kita harus minum dengan ideal.

gambat: www.deherba.com

Berbicara soal minum, mungkin sebagian orang malas untuk minum apalagi saat perjalanan, di kantor atau di sekolah. Bahkan sebagian orang lebih memilih membeli 'minuman' daripada membawa minum air putih dari rumah tanpa mengetahui bahaya minuman yang dibeli tersebut.

Kali ini Sang Pengabar akan membahas bahaya dari minuman umum berbahaya tersebut, berikut daftar minuman umum berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sumber gambar: reportase-redaksi.blogspot.com

Daftar minuman diatas merupakan minuman umum yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dikutip dari berbagai sumber, bidang kesehatan bahkan sudah merilis sejumlah merk produk minuman yang harus dihindari.

Kandungan gula dalam kemasan dan bahayanya

Seperti yang kita ketahui siklamat, gula atau pemanis buatan adalah musuh utama bagi tubuh manusia, terlalu banyak mengkonsumsi nya akan merusak kesehatan tubuh dan menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

Foto di atas memperlihatkan jumlah kandungan gula dalam beberapa kemasan produk minuman ringan. Dalam minuman teh instan bisa terkandung lebih dari 5 sendok teh gula, jumlah ini sudah sangat banyak mengingat kita juga mengkonsumsi nasi putih setiap hari yang juga mengandung gula tinggi.

Bahaya minuman ringan dengan jumlah gula berlebih

Gula memang manis dan menyenangkan, tapi lebih manisan kamu, iya kamu yang lagi baca artikel ini.

Bicara soal gula, gula memang manis namun berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih. Bahkan penyakit gula/diabetes menduduki peringkat ke-3 penyakit yang paling banyak diderita orang indonesia, dan peringkat ke-2 penyebab kematian tertinggi di indonesia.

Diabetes merupakan penyakit yang tidak mengenal usia, bahkan di Amerika Serikat sekitar 30% anak menderita diabetes.

Untuk itu hindarilah minuman yang mempunyai kandungan gula tinggi, bukan berarti kamu tidak boleh meminumnya namun jangan berlebihan. Air putih juga banyak mengapa harus minum yang bergula apa lagi gula buatan, air mineral merupakan minuman terbaik bagi tubuh kita.

Kandungan kafein dalam minuman kemasan dan bahayannya

Kafein memang tidak hanya terkandung dalam kopi. Minuman lain seperti teh, soda, dan minuman ber-energi, bahkan dalam minuman yang dianggap tidak berbahaya seperti susu cokelat dan minuman cokelat mengandung kafein.

Meski sangat tidak disarankkan, ada batas toleransi bagi anak untuk mengkonsumsi kafein sebagai berikut:

4-6 tahun: 45 mg

7-9 tahun: 62 mg

10 hingga12 tahun: 85 mg

(warungkopi.okezone.com 07/18)

Bahaya minuman ringan berkafein:

gambar: warungkopi.okezone.com

Kafein adalah stimulan yang dapat memicu debaran jantung. Mengkonsumsi kafein berlebih dapat menyebabkan debar jantung dan susah tidur. Kafein juga menyebabkan obesitas, kegelisahan, dan gangguan perut.

Kandungan tanin dalam minuman kemasan dan bahayanya

Tanin lebih dikenal dalam rokok, namun tanin juga terkandung dalam teh. Minuman teh pasti sering terasa pahit, sepet/kesat di tenggorokan kan itulah yang disebut tanin. Untuk anak-anak tanin tidak disarankan dan ada batas toleransi nya yaitu dua gelas sehari.

Meski tanin dalam teh baik untuk antioksidan, namun tanin memiliki sifat yang dapat mengikat zat besi. Zat besi sangat penting dalam pembentukan darah, sehingga kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, penurunan daya ingat, dan bahaya lainnya. Untuk aman nya proses pembuatan teh jangan terlalu lama atau terlalu pekat agar kandungan taninnya tidak terlalu tinggi.

Kandungan soda dalam minuman kemasan dan bahayanya

gambar: warungkopi.okezone.com

Masalah bahaya tidak perlu diperdebatkan lagi, tidak ada anjuran berapa banyak soda yang boleh diminum oleh anak-anak. Alias harus dihindari total. Baiknya anak tidak diperkenalkan dengan minuman ini.

Air soda pada dasarnya hanya air mineral yang diberi CO2, namun dalam minuman ringan, ditambahkan lagi sirup jagung, caramel, pewarna, dan pemanis yang menjadikannya berbahaya, baik itu untuk tulang, gigi, dan menyebabkan diabetes serta obesitas. Dapat juga menyebabkan masalah pada ginjal anak maupun dewasa.

Sirup jagung tinggi fruktosa atau lebih dikenal dengan HFCS (high fructose corn syrup) adalah pemanis berkalori yang diperoleh dari jagung. Bahan ini cocok untuk beragam minuman dan makanan yang mencakup sereal siap makan, produk daging, saus, bumbu, minuman ringan, dan minuman lainnya. Mengkonsumsi nya secara berlebih tidak disarankan.

Apabila ada salah kata tolong dimaafkan, perlu diingat bukan berarti kalian tidak boleh mengkonsumsi produk tersebut, boleh-boleh saja dikonsumsi namun jangan berlebihan.

Sumber referensi:

reportase-redaksi.blogspot.com/2017/05/ibu-bapak-stop-belikan-minuman-ini-pada.html

News.okezone.com/read/2016/04/11/337/1359998/hot-thread-4-inilah-daftar-minuman-ringan-yang-berbahaya

Majest259.blogspot.com/2016/01/ini-dia-daftar-minuman-ringan-yang.html

warungkopi.okezone.com/thread/522441