OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 27 Juni 2018

Studi: Cuitan Donald Trump Tingkatkan Kekerasan terhadap Muslim

Studi: Cuitan Donald Trump Tingkatkan Kekerasan terhadap Muslim

10Berita , Washington – Peneliti Universitas Warwick, Karsten Müller dan Carlo Schwarz menemukan bukti yang menunjukkan bahwa tweet-tweet Donald Trump tentang Islam telah menyebabkan peningkatan kejahatan kebencian anti-Muslim selama beberapa tahun terakhir.

Dengan menggunakan basis data kejahatan kebencian FBI, kedua peneliti ini pertama-tama meneliti setiap kejahatan kebencian yang tercatat antara tahun 1990 dan 2016, sebelum membatasi ruang lingkup pencarian kejahatan kebencian terhadap Muslim setelah Trump menjabat. Jumlah kejahatan ini tidak hanya meningkat di bawah pemerintahan Trump, tapi ini menjadi jumlah tertinggi dalam sejarah yang tercatat, termasuk bulan-bulan setelah 9/11 di bawah pemerintahan Bush.

Data juga menunjukkan korelasi statistik yang kuat antara jumlah tweet Trump tentang Islam, dan uptick dalam kejahatan di hari-hari dan minggu-minggu berikutnya.

“Untuk menjadi jelas, kami tidak mengklaim bahwa Donald Trump sendiri menyebabkan kejahatan kebencian keluar dari udara tipis,” Carlo Schwarz, seorang mahasiswa doktoral yang bekerja pada studi tersebut, mengatakan kepada The Daily Beast.

“Tapi apa yang kami pikir menarik adalah bahwa tweet dan kejahatan kebencian Trump hanya tampak berkorelasi setelah dimulainya pemilihan presidennya. Menarik juga bahwa korelasi ini tampaknya didorong oleh area dengan banyak pengguna Twitter.”

Untuk mencoba memahami temuan, para peneliti kemudian mencari pola berdasarkan lokasi. Penggunaan Twitter, menurut penelitian ini, sangat bervariasi menurut lokasi, bahkan daerah demi kota atau kota-demi-kota.

Ketika menganalisis pola geografis, Müller dan Schwarz menemukan peningkatan kejahatan kebencian sebagian besar terjadi di wilayah dengan penggunaan Twitter yang lebih tinggi, dan hanya setelah Trump menjabat. Sederhananya, ini bukan peningkatan umum dalam kejahatan, kurangnya keragaman politik atau etnis, atau sentimen anti-Muslim di suatu daerah.

Bahkan daerah-daerah dengan penggunaan Twitter terberat cenderung miring liberal dan lebih beragam etnis daripada kabupaten dengan penggunaan yang lebih rendah. Menariknya, tidak ada peningkatan yang sebanding di daerah dengan penggunaan Twitter yang rendah.

Namun, temuan itu tidak tanpa batasan. Ada kekurangan yang sama seperti setiap studi yang membuktikan korelasi, tetapi kurang dari bukti kausal. Müller dan Schwarz mencatat bahwa temuan mereka hanya konsisten dengan gagasan bahwa pemerintahan Trump telah membuatnya lebih diterima secara sosial untuk mengekspresikan pandangan-pandangan prasangka atau kebencian, bukan bahwa ia menciptakan rasis baru yang mampu melakukan kejahatan kebencian.

Dan pandangan-pandangan ini, menurut tim peneliti, diadakan jauh sebelum pemilihan 2016.

Sumber: Kiblat.