OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 19 Juni 2018

Sudah Yakin dengan Ide Bisnis Anda?

Sudah Yakin dengan Ide Bisnis Anda?



10Berita, BAGI Anda yang mau memulai bisnis, atau Anda yang merasa bisnisnya belum bisa maksimal, ragu apakah bisnis saat ini sudah tepat atau justru harus berganti bisnis, semoga tulisan ini bermanfaat untuk menentukan bisnis apa yang terbaik untuk Anda jalankan.

Ada enam tahapan penting dalam mendapatkan ide bisnis terbaik, sebagai berikut:

Tahapan pertama yang menjadi kunci mendapatkan ide terbaik adalah libatkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ini sudah kita tahu tapi sering kita lupa, bahwa yang paling tahu terbaik untuk kita adalah Dia. Baik menurut kita, belum tentu baik menurut-Nya. Tahapan ini tiada lain perbanyaklah berinteraksi dengan-Nya melalui sholat, dzikir, shalawat, sedekah.

Tahap kedua adalah brain storming, kumpulkan ide-ide sebanyak-banyaknya. Baik dari diri Anda atau hasil bincang-bincang dengan teman-teman Anda. Jika bingung mulainya, nih saya kasih key wardnya. Apa saja yang dipikirkan, apa saja yang didengar, apa saja yang dilihat, apa aja yang dibaca. Tulis saja semuanya, jangan takut salah, jangan takut merasa jelek idenya.

Jika Anda belum puas dengan hasil di atas, saya berikan lagi pertanyaan pamungkasnya. Apa saja yang bagus di daerah lain di sini belum ada, apa saja yang belum terpenuhi pasar, apa saja yang jelek bisa diperbagus, apa saja yang laku tapi belum tersistem bisnisnya, apa saja yang dibutuhkan tapi belum terpenuhi.

Jangan terburu-buru, lakukan proses ini 1 sampai 4 pekan, sambil jalan-jalan, silaturahim ke kawan-kawan, baca buku, majalah, googling, baca Quran, dan lain-lain.

Selang waktu tersebut, Insya Allah Anda akan sudah membuat daftar lebih dari 50 ide. Banyak bukan? Yup ide bisnis memang banyak dan bagus-bagus. Selanjutkan Anda harus memilih 5 ide terbaik dari semua daftar. Tapi jangan lupa tetap jaga sinyal hubungan ke Allah ya, biar Allah bimbing dan mantapkan hati Anda.

Memilih lima ide terbaik ini tahapan paling penting. Bukan lagi sekedar mau Anda, tapi harus ada riset khusus yang harus Anda lakukan. Riset tersebut adalah riset pasar dan riset diri.

Apa itu riset pasar dan riset diri? InsyaAllah tulisan selanjutnya. Sepekan ini silahkan lakukan dua tahap di atas ya.

Salam sukses penuh barokah. []

Owner Waroeng Sehat – Jakarta
faisalramliqodir@gmail.com
No. WA: +62 812-8468-054
www.waroengsehat.com
Coach Kampus Pengusaha Muslim (KPM)

Sumber : Islampos.