OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 15 Juni 2018

Terungkap, Inilah Partai Yang Pemilihnya Paling Setia. Demokrat Paling Apes

Terungkap, Inilah Partai Yang Pemilihnya Paling Setia. Demokrat Paling Apes

Referensi pihak ketiga

10Berita, Loyalitas para pemilih adalah salah satu faktor penentu hidup matinya suatu partai politik. Semakin banyak pemilih yang loyal, maka makin kuatlah benteng pertahanan parpol tersebut, makin dekat pula ia pada kekuasaan. Sebab suara pemilih-pemilih loyal inilah nantinya yang akan mengantar kandidat parpol untuk meraih kekuasaan, baik di legislatif maupun eksekutif.

Referensi pihak ketiga

Nah, menurut hasil survey yang dilakukan SMRC yang dilakukan pada periode 07 – 13 Desember 2017, ada dua parpol yang memiliki pemilih paling loyal. PKS dan PDI-P (beritasatu.com/02/01/2018).

Sekitar 80% pemilih PKS akan kembali memilih parpol satu ini di Pemilu 2019 kelak, sedangkan 77% pemilih PDI-P akan kembali memilih partai kepala banteng ini.

Referensi pihak ketiga

Loyalitas pemilih dianggap sebagai indikasi kepuasan konstituennya terhadap kinerja partai atau bisa pula karena kedekatan emosional yang terbangun. Misalnya, para pemilih PDI-P melekatkan partai satu ini dengan Bung Karno karena ada Megawati di sana.

Referensi pihak ketiga

Lalu bagaimana nasib partai lainnya? Ternyata menurut Djayadi Hanan, partai Demokrat adalah parpol dengan pemilih yang paling tak setia. Sebesar 51% pemilih adalah swing voters yang mudah pindah kelain hati. Makanya, partai Demokrat harus terus meng-endorse AHY sebagai tokoh baru untuk meraup suara kaum milenial.

Apakah strategi Demokrat ini akan berhasil? Trend survey terhadap AHY menunjukkan kemungkinan itu.

 Sumber : UC News