OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 25 Juli 2018

7 Menteri Jokowi yang Nyaleg di Pemilu 2019, No. 6 Bikin Kaget!

7 Menteri Jokowi yang Nyaleg di Pemilu 2019, No. 6 Bikin Kaget!


10Berita, Mendaftarkan diri maju pada pileg 2019 merupakan hak dari setiap warga negara Indonesia.

Tapi kalau yang mendaftar adalah menteri-menteri​ yang sementara duduk di kabinet Jokowi, tentulah menjadi perhatian publik.

Hal itu akhirnya menimbulkan dua pertanyaan, seperti:

1. Apakah mereka tidak yakin kalau Jokowi akan menang pada pilpres 2019?

2. Apakah mereka merasa Jokowi tidak akan lagi memilih mereka, untuk duduk di kursi kabinet periode dua? (Jika Jokowi memenangkan pilpres 2019)

Penasaran siapa saja mereka? Seperti dikutip detik.com (18/07/2018) inilah beberapa menteri Jokowi yang maju pada pileg 2019,

1. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Dikabarkan ia akan maju dari Dapil Sumatera Utara. Yasonna merupakan kader PDI-P dan tidak pernah kena reshuffle kabinet, sejak menjabat dari awal pada tanggal 27 oktober 2014.

Yasonna Laoly (sumber foto: kumparan.com)

2. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Dikabarkan ia akan maju dari Dapil Jakarta Timur DKI 1. Nahrawi merupakan kader PKB. Ia juga sama seperti Yasonna, tidak pernah kena reshuffle kabinet dari awal tahun pemerintahan Jokowi.

Imam Nahrawi (sumber foto: plat-m.com)

3. Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri. Dikabarkan ia akan maju dari dapil Depok Jabar 6. Hanif merupakan kader PKB. Sama seperti Yasonna dan Nahrawi, ia juga tidak pernah kena reshuffle kabinet dari awal periode kabinet kerja.

Hanif Dhakiri (sumber foto: infonawacita.com)

4. Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo. Dikabarkan ia akan maju dari dapil Bengkulu. Sandjojo merupakan kader PKB, dan duduk di kabinet kerja sejak 27 Juli 2016, menggantikan Marwan Jafar rekan satu partainya.

Eko Putro Sandjojo (sumber foto: beritadesa.id)

5. Menpan-RB, Asman Abnur. Dikabarkan ia akan maju dari dapil Kepulauan Riau. Asman merupakan kader PAN dan menjadi menteri kabinet kerja sejak 27 Juli 2016. Manuver PAN yang kelihatan tidak akan mendukung Jokowi di pilpres 2019, membuat para kader partainya yakin kalau Jokowi tidak akan memilih mereka lagi di periode dua, seandainya Jokowi memenangkan pilpres 2019.

Asman Abnur (sumber foto: batamnews.co.id)

6. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani. Dikabarkan ia akan maju dari dapil Jawa Tengah. Puan yang merupakan putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, menghebohkan publik dengan keputusannya untuk maju pada pileg 2019. Jika Jokowi memenangkan​ pilpres 2019, apakah Puan akan tetap memilih menjadi anggota DPR daripada menjadi Menteri?

Puan Maharani (sumber foto: tribunnews.com)

7. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Ia akan maju pileg tapi belum diketahui akan maju dari dapil mana. Lukman merupakan kader PPP. Beliau adalah menteri agama sejak era (tahun terakhir) presiden SBY, dan pada era Presiden Jokowi masih tetap dipercayakan​ untuk memimpin kementerian agama tersebut.

Lukman Hakim Saifuddin (sumber foto: rmolbengkulu.com)

Sumber :rmol