OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 22 Juli 2018

Baikal, Danau Terdalam di Dunia Yang Terlihat Tembus

Baikal, Danau Terdalam di Dunia Yang Terlihat Tembus




Referensi pihak ketiga

10Berita, Dari semua danau yang ada di seluruh dunia, khususnya danau air tawar, mungkin danau yang satu ini adalah dianggap paling berharga bagi umat manusia. Danau Baikal, danau terdalam di dunia yang berisi lebih dari 20 persen persediaan air tawar dunia.

Mengutip laman geology.com, danau ini diperkirakan memiliki kedalaman mencapai 5.387 kaki atau sekitar 1.642 meter dan berada sekitar 3.893 atau 1.187 di bawah permukaan laut. Danau dengan volume terbesar di dunia yang tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO, badan ilmu pengetahuan dan budaya PBB.

Referensi pihak ketiga

Menurut para ahli, keberadaan Danau Baikal yang juga merupakan danau tertua di dunia itu sulit dipahami, bagaimana sebuah danau di tengah benua bisa memiliki dasar hampir 4.000 kaki di bawah permukaan laut, sementara danau ini tidak cukup berlumpur dan bagaimana keberadaaya tidak memotong lempeng benua.

Kemungkinannya, danau ini bisa begitu dalam karena berada di zona keretakan lempeng benua yang aktif, zona keretakan melebar dengan laju sekitar 1 inchi atau 2,5 cm per tahun. Ketika keretakan itu menjadi semakin lebar, danau ini terus mengalami penurunan. Danau ini diperkirakan akan terus menjadi semakin dalam di masa akan datang.

Referensi pihak ketiga

Menjadi sangat menarik, meski sangat dalam , seperti dikatakan sebelumnya danau ini tidak seperti danau lainnya yang cenderung tertutup lumpur, tidak dengan danau ini yang sangat jernih.

Bahkan, mereka yang mengarungi permukaan danau dengan perahu misalnya, akan menjadi sangat gamang jika melihat ke bawah permukaan danau. Kita bisa melihat paling tidak sekitar 50 meter kedalaman danau dan bisa melihat organisme yang hidup di dalamnya dengan jelas. (kyu/Ricky Jenihansen B)

Sumber : UC News