OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 29 Juli 2018

Bukan Amerika, Ternyata ini Lho Negara Paling Kaya di Dunia

Bukan Amerika, Ternyata ini Lho Negara Paling Kaya di Dunia


Sumber: stuff.co.nz

10Berita, Setiap negara memiliki nasib yang berbeda-beda. Ada negara yang sangat kaya, namun ada juga negara yang sangat miskin hingga membutuhkan sokongan dari negara lainnya. Bicara tentang negara-negara, mungkin kamu berfikir Amerika menjadi negara yang paling kaya di dunia. Hal ini wajar mengingat Amerika Serikat seringkali dianggap sebagai negara paling berpengaruh di dunia.

 Sayangnya menjadi yang paling berpengaruh bukan berarti Amerika Serikat menjadi negara paling kaya di dunia. Nyatanya predikat negara paling kaya di dunia justru disabet oleh negara kecil ditengah gurun yang memiliki penduduk sekitar 2,1 jiwa bernama Qatar. Dan seperti yang dilansir oleh boombastis.com (20/02/2016) berikut ini 5 fakta tentang Qatar, negara paling kaya di dunia.

1. Tidak Ada Pengangguran

Sumber: asiapost.web.id

Di Indonesia, mencari sebuah pekerjaan sama sulitnya seperti mencari jodoh, bahkan mungkin jauh lebih sulit. Jangankan bekerja di perusahaan, sekedar menjadi pegawai di toko pun sulitnya bukan main. Tidak heran jika banyak sekali pengangguran di Indonesia. Hal itu berbanding terbalik jika anda tinggal di Qatar. Di negara kecil ini, anak-anak muda bukan mencari kerja melainkan perusahaan yang berlomba-lomba menawari mereka pekerjaan. Bukan hanya satu perusahaan, melainkan 5 perusahaan sekaligus.

2. Gaji yang Besar

Sumber: albalad.co

Meski pekerjaan merupakan masalah kecil disana, bukan berarti para pekerja di Qatar dibayar seenaknya. Sebaliknya negara satu ini justru sangat memperhatikan kesejahteraan para pekerja, termasuk dalam urusan gaji. Bukan hanya mereka yang bekerja di perusahaan besar, bahkan para pembantu rumah tangga disana pun mendapatkan gaji yang jauh lebih besar dibandingkan dengan PRT di negara lain.

3. Tidak Ada Pajak Penghasilan

Sumber: flickr.com

Meski tahu penghasilan rakyatnya sangat besar, namun pemerintah Qatar tidak tertarik untuk membebankan pajak pada rakyat. Alasannya sederhana, karena di Qatar bukan hanya rakyat yang kaya namun juga pemerintahannya. Saking kayanya, pemerintah Qatar tidak membutuhkan lagi uang pajak penghasilan dari rakyat.

4. Cuti Sampai Bosan

Sumber: hrgrapevine.com

Salah satu alasan mengapa Qatar menjadi negara impian para pekerja adalah karena selain gaji dan fasilitas yang menggiurkan, perusahaan disana tidak pelit dalam memberikan cuti bagi karyawannya. Di Qatar, pegawai staff bisa mendapatkan cuti sampai 24 hari. Hebohnya lagi, cuti ini belum termasuk potongan hari libur seperti hari raya Idul Fitri. Jika ramadan tiba, para pekerja disana bahkan hanya bekerja setengah hari namun digaji sepenuh hati.

5. Bonus Haji dan Umroh

Sumber: ebrahimcollage.co.uk

Bukan hanya pekerjaan yang sulit dan barang kebutuhan yang mahal, di Indonesia ongkos untuk naik haji atau umroh sangat mahal. Bahkan jika pun kamu punya uang, untuk bisa naik haji kamu harus mengantri terlebih dahulu, mengingat Indonesia memberangkatkan ratusan ribu jemaah haji setiap tahunnya. Hal yang berbanding terbalik terjadi jika kamu tinggal di Qatar. Mengingat jarak antara Qatar dan Arab Saudi cukup dekat, biaya disana jauh lebih murah. Bahkan kadang perusahaan di Qatar menawarkan pekerjanya untuk bisa umroh atau haji secara Cuma-Cuma.

Sumber :UC News