OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 21 Juli 2018

Genius! Tak Kalah Hebat Dengan Ilmuan Luar, 5 Ilmuan Indonesia Yang Menggemparkan Dunia

Genius! Tak Kalah Hebat Dengan Ilmuan Luar, 5 Ilmuan Indonesia Yang Menggemparkan Dunia


Referensi pihak ketiga

10Berita, Pada masa keterpurukannya, dia melakukan torakat setiap tanggal 1 suro dengan mandi dipantai serang blitar. Pada suatu saat, dia menemukan ikan yang sangat banyak yang memiliki ke unikan yaitu menyimpan anak nya di dalam mulut nya. Karena ke unikan tersebut, ikan itu dibawa pulang dan di pelihara. Namun ikan itu mati setelah dimasukan kedalam air tawar. Selanjutnya iya mencampurkan air tawar dengan air asin dengan takaran yang berbeda. Alhasil pada percobaan yang ke 11, 4 ekor ikan berhasil hidup. Keberhasilan itu terjadi pada tanggal 25 maret 1936.

2. Dr. Joe Hin Tjio ( Teori 23 Kromosom)

Referensi pihak ketiga

Dia adalah seorang ahli genetik asal indonesia berhasil menemukan fakta bahwa kromosom manusia berjumlah 23 buah yang di lakukan di university of Lund. Temuan nya berhasil mematahkan pendapat para ahli bahwa jumlah kromoson sebanyak 24 buah. Dia pun berhasil menghitung kromosom dengan tepat.

3. Prof.Dr.Ir Sedijatmo ( Penemu Pondasi Cakar Ayam )

Referensi pihak ketiga

Ketika dia diminta untuk membuat 7 menara listrik tegangan tinggi dirawa rawa ancol jakarta, dia menemukan sistem pondasi yang bernama pondasi cakar ayam. Pondasi ini mampu mengurangi hingga 75% tekanan pada permukaan tanah dibawahnya. Pondasi ini lalu digunakan untuk pembuatan bandara juanda surabaya, yang memmungkinkan landasan pesawat mampu menampung beban sebesar 2000 ton.

4. Bacharuddin Jusf Habibie ( Crack Progression )

Referensi pihak ketiga

Sebelum era 1950 an, kecelakaan pesawat terbang karena konstruksi masih sering terjadi. Sambungan antara sayap dan badan pesawat menjadi titik lemahnya. Kondisi halus pada logam pun menjadi perhatian serius karena itulah penyebab crack atau keretakan pada tubuh pesawat. Pada saat dunia sedang bingung dengan masalh crack ini, muncul lah anak jenius dari indonesia yang menawarkan jalan keluar. Habibie berhasil menyelesaikan masalah crack hanya dalam 6 bulan. Perhitungan nya sangat detail hingga pada bagian atom nya yang merupakan bagian paling kecil. Sejak saat itu beliau dikenal dengan sebuta Mr. Crack.

5. Randall Hartolaksono ( Penemu APAR )

Referensi pihak ketiga

Ketika sedang melakukan percobaan dengan pelumas berbahan kulit singkong di universitas queen mary di london, beliau tidak sengaja menemukan teknologi untuk memadamkan api secara efektif dan ramah lingkungan. Ketika itu cairan buatan nya tidak sengaja tumpah dan memadamkan api yang sedang menyala. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata diketahui bahwa cairan tersebut jika terkena panas akan mengeluarkan uap yang dapat memadamkan api.(Mbah Moedjair / Iwan Dalauk )

Sumber : youtube.com/watch?v=UCGKldZoqZY, UC News