OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 21 Juli 2018

Strategi Jitu! Prabowo Batal Capres, Demokrat Merapat. Ini Yang Ditakuti Petahana

Strategi Jitu! Prabowo Batal Capres, Demokrat Merapat. Ini Yang Ditakuti Petahana


10Berita, Jadwa pendaftaran capres-cawapres semakin dekat. Koalisi petahana cukup solid bakal mengusung Jokowi untuk gelaran Pilpres 2019. Hal sebaliknya justru dialami kubu oposisi.

Referensi pihak ketiga

Platform perjuangan Gerindra-PKS dan PAN sudah sama, dengan #2019GantiPresiden. Namun berlarutnya deklarasi koalisi memunculkan isu adanya hambatan krusial. Wajar jika kemudian ada pendapat yang menilai agar Prabowo lebih baik berperan sebagai ‘King Maker’ di gelaran Pilpres 2019.

Prasyarat Prabowo bakal menjadi king maker adalah jika koalisi gagal. Seandainya PKS dan PAN berpaling dan justru memajukan calon lain atau tidak menerima pilihan cawapres Prabowo.

Sumber: gettyimages.com.au

Jika gagasan oposisi sejatinya adalah #2019GantiPresiden, maka yang dikedepankan dari koalisi adalah memperjuangkannya agar tercapai. Kegamangan PKS dan PAN menjadi wajar, merujuk pada memori kegagalan Prabowo di 2 kali gelaran pilpres sebelumnya. Ditambah lagi masih tertinggalnya elektabilitas Prabowo dibandingkan Jokowi. Memaksakan Prabowo bisa dianggap akan mendulang kegagalan ketiga. Hal ini pula yang dikhawatirkan berkembang di masyarakat. Perlu sosok alternatif yang fresh dan populer.

Menjadi king maker juga bukan sebuah langkah mundur.Prabowo justru punya prestasi fantastis saat beperan sebagai king maker. Pilkada jadi bukti tangan dingin Prabowo dengan kemenangan Ahok kemudian Anies-Sandi di perhelatan pilkada DKI 2017 lalu. Saat Pilgub Jabar kemarin, meroketnya suara paslon ASYIK, tidak bisa disepelekan karena peran besar Prabowo. Kendati tidak berhasil menang.

Referensi pihak ketiga

Pilihan strategis sebagai king maker, juga akan memudahkan menggandeng demokrat, yang hingga kini belum memutuskan pilihan dukungan. Menggodok sosok lain sebagai capres-cawapres yang punya potensi kemenangan tinggi serta bisa diterima koalisi, jadi cara strategis yang harus dilakukan.

Jika menilai #2109GantiPresiden jadi keinginan sebagian besar rakyat, kemenangan harus jadi tujuan, bukan memaksakan kepentingan partai. Koalisi Gerindra-PKS-PAN ditambah Demokrat akan jadi penantang sepadan koalisi petahana. Dengan 2 king maker di dalamnya, SBY dan Prabowo.

Sumber :UC News