OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 22 Juli 2018

Jadi Kaya Karena Berkebun Pepaya, Yuk Intip 2 Kisahnya di Sini!

Jadi Kaya Karena Berkebun Pepaya, Yuk Intip 2 Kisahnya di Sini!

Sumber: detik.com

10Berita , Bidang pertanian kadang jarang dilirik orang karena dianggap tidak menguntungkan. Apalagi jika tanahnya gersang, ini semakin membuat orang malas bercocok tanam. Sehingga banyak menganggap mustahil bisa kaya dari kegiatan pertanian.

Namun semua anggapan ini ditepis oleh seorang pria bernama Rizal Pahlevi. Dia memanfaatkan lahan tandus dengan menanam pepaya di Perbukitan Bentar, Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, seperti pernah dilansir ekonomi.kompas.com (22/05/2012).

Pria ini berhasil menyulap 8 hektar lahan gersang menjadi perkebunan pepaya jenis Calina atau California dengan meraup keuntungan bersih mencapai angka 30 juta rupiah per minggu. Sungguh luar biasa kegigihannya menekuni bidang pertanian bisa membuatnya menjadi kaya.

Sumber: regional.compas.com

Demikian juga yang dilakukan Abdul Qohar, warga Desa Candisari, Kecamatan Sambeng, Lamongan,Jawa Timur. Pria ini juga menanam pepaya Calina. Walaupun saat pertama menanam Pepaya Calina di sawah yang gersang, Abdul Qohar dianggap gila. Karena penduduk sekitar lebih banyak menanam padi, tembakau dan jagung. Namun setelah panen berlimpah dan menghasilkan uang puluhan juta rupiah per minggu, banyak penduduk yang tertarik mengikuti jejaknya, seperti dilansir finance.detik.com (21/10/2016).

Sumber: inaina.id

Dua kisah di atas sebagai bukti bahwa seseorang juga bisa kaya dengan cara menanam pepaya. Ternyata pepaya jenis Carina sangat cocok untuk lahan kering. Tanaman ini juga bisa cepat panen yakni sekitar umur 6 bulan 20 hari. Selain itu, tanaman ini akan terus berbuah hingga berumur tiga tahun.

Dengan lahan seluas 1 hektar, bisa ditanam sekitar 1.500 batang Pepaya Calina. Perkiraan penghasilan sekitar Rp. 18 juta sampai 20 juta per hektar perbulan. Wow menarik sekali ya.

Sumber: ptnasa.net

Tentu saja hal paling penting jika ingin kaya dengan menanam pepaya yakni memilih bibit yang berkualitas serta melakukan perawatan tanaman yang teratur agar tanaman pepaya berbuah lebat dan bisa menghasilkan panen yang berlimpah.

Setelah membaca dua kisah di atas tentang petani sukses dan kaya dari tanaman pepaya Calina, bagaimana menurut pendapat Ada?(Ida Fauziah)

Sumber : UC News