OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 25 Juli 2018

Kenapa Rel Kereta Api Diberi Batu Kerikil? Gak Nyangka! Ternyata Begini 5 Alasannya

Kenapa Rel Kereta Api Diberi Batu Kerikil? Gak Nyangka! Ternyata Begini 5 Alasannya

10Berita, Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa rel kereta api selalu diberi kerikil? Mari kita kupas tuntas jawaban dari pertanyaan itu. Inilah lima alasan mengapa rel kereta api diberi batu kerikil, seperti yang dilansir di openulis.com (22/07/18).

1. Penahan getaran

radiobintangtenggara.com

Mari kita bayangkan hal ini. Kita tahu bahwa kereta api memiliki awak yang berat. Awak yang berat itu ditopang oleh sepasang rel, lalu apa yang terjadi? Pastinya akan terjadi goncangan-goncangan dan membayakan bagi kereta api. Oleh karena itu, batu kerikil berfungsi sebagai penahan getaran ketika kereta api melintas.

2. Bantalan pemberat

tribunnews.com

Adanya batu kerikil di sekitar rel kereta api, berfungsi sebagai pemberat. Selain itu, batu kerikil pada batangan bantalan berfungsi sebagai penyeimbang atau membantu rel untuk tetap stabil.

3. Pencegah erosi

katadata.co.id

Batu kerikil ini juga berfungsi sebagai pencegah erosi saat hujan berkepanjangan. Bisa jadi, kalau tidak ada batu kerikil, tanah akan anjlok sehingga berbahaya bagi kereta api yang melintas.

4. Menghambat tumbuhnya tanaman liar

opennulis.com

Kalau ada tanaman liar di sekitar rel kereta api, maka tanah akan menggembur. Hal ini bisa mengakibatkan tanah di bawah rel menjadi labil. Oleh karena itu, di sekitar rel diberi batu kerikil untk menghambat tumbuhnya tanaman liar.

5. Menambah ketinggian

money.id

Batu kerikil di sekitar rel kereta api juga berfungsi untuk menambah ketinggian struktur tanah dan sekaligus mencegah rel terkena banjir atau lumpur dari air. Sehingga, kereta api bisa melintas dengan lancar.

Itulah informasi tentang alasan mengapa rel kereta api diberi batu kerikil, seperti yang dilansir di openulis.com (22/07/18). Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Sumber :UC News