OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 12 Juli 2018

Tanggapi Penggalangan Dana Politik yang Digagas Prabowo, PAN: Patut Diapresiasi

Tanggapi Penggalangan Dana Politik yang Digagas Prabowo, PAN: Patut Diapresiasi

10Berita, JAKARTA—Terkait program ‘Galang Perjuangan’ yang dibuat oleh Partai Gerindra dan dicetuskan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ditanggapi oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi.

Vivan mengapresiasi program tersebut dan merupakan tradisi terbaru yang dilakukan oleh Prabowo.

“Pak Prabowo mengawali tradisi baru yang tidak populis untuk konteks Indonesia. Melakukan penggalangan dana pilpres secara terbuka dan transparan,” kata Vivan, pada Kamis (12/7/2018).

Selain itu, Vivan mengapresiasi sikap Prabowo yang kekurangan dana politik untuk Pilpres.

“Sikap jujur Pak Prabowo yang kurang dana politik untuk pilpres dengan melakukan penggalangan dana patut diapresiasi,” ujarnya.

Kemudian, Viva mengatakan penggalangan dana yang dilakukan Gerindra ini sebagai sesuatu yang baru sehingga menjadi perbincangan publik karena Ia mengatakan selama ini penggalangan dana (fund raising) yang dilakukan calon di pilkades, pilkada, pileg, maupun pilpres dilakukan melalui sistem tertutup.

Terkait penggalangan dana, Dia juga mengingatkan sumbangan yang diterima harus dilaporkan ke KPU dan dengan dicantumkan identitas yang jelas.

“Semua asal sumber dana dan besarannya tidak boleh melanggar UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu pasal 327, yaitu, pertama, dana kampanye atau sumbangan yang berasal dari perseorangan sebesar-besarnya Rp 2,5 miliar. Kedua, dana kampanye dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah tidak boleh melebihi Rp 25 miliar,” tandasnya. []

SUMBER: DETIKNEWS