OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 26 Juli 2018

Tidak Aneh! Ternyata Gunung Itu Berjalan Bukan Diam, Inilah Penjelasan AlQuran

Tidak Aneh! Ternyata Gunung Itu Berjalan Bukan Diam, Inilah Penjelasan AlQuran

Referensi pihak ketiga

10Berita, Manusia ketika melihat gunung - gunung tampak begitu kokoh, besar dan terlihat tidak bergerak. Akan tetapi, gunung ternyata mengalami pergerakan yang tanpa disadari oleh manusia.

Dalam buku Tafsir Ilmi 'Samudra dalam perspektif Alquran dan Sains' yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa gunung terus bergerak. Pergerakan gunung ibarat seperti pergerakan awan. Seperti yang di firmankan Allah SWT didalam Al Quran yang artinya.

Referensi pihak ketiga

"Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan," Surah An-Naml Ayat 88. Ucap ustad quraish shihab(26/08/2010).

Tafsir al-Muntakhab menjelaskan makna ayat di atas sebagai berikut. "Wahai Rasul, engkau melihat gunung-gunung itu tetap di tempatnya dan engkau mengira mereka diam, padahal yang terjadi sesungguhnya mereka bergerak cepat laksana gerakan awan".

Referensi pihak ketiga

Dijelaskan bahwa pergerakan - pergerakan bumi, lempengan dan semua benda - benda diatas nya tentu menimbulkan berbagai perubahan, baik pergerakan cepat, sedang, maupun pergerakan lambat yang tidak disadari oleh manusia.

Dalam buku Alquran vs sains modern, menurut Dr zakir naik karya ramadhani dkk, kerak bumi merupakan bagian lapisan terluar bumi yang menyerepuai kulit yang padat sedangkan bagian dalamnya berupa cairan panas. Permukaan bumi yang dilihat manusia dan menjulang ke permukaan tanah hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung. Bagian gunung yang lain yaitu akarnya tertanam di dalam bumi.

Dr, Frank press seorang ahli geologi yang pernah menjadi presiden akademi sains di amerika sebagai salah satu penulis buku earth, ia menggambarkan dalam tulisannya bahwa gunung berbentuk seperti pasak. Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam alquran yang diturunkan sekitar 14 abad yang lalu, yang mengucapkan bahwa gunung diciptakan agar bumi tidak goncang.

Sumber : youtube.com/watch?v=zAvK6p3bnYk