OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 29 Juli 2018

Tidak Hanya Pempek, Ini 5 Kuliner Khas yang Wajib Anda Cicipi Saat Liburan ke Palembang

Tidak Hanya Pempek, Ini 5 Kuliner Khas yang Wajib Anda Cicipi Saat Liburan ke Palembang

10Berita  – Sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera, Palembang merupakan destinasi wisata yang populer. Selain memiliki berbagai obyek wisata, ibu kota Sumatera Selatan ini juga menyimpan beragam kuliner khas. Jangan salah, kuliner khas kota ini tidak hanya Pempek. Ada beragam jenis kuliner khas Palembang yang wajib Anda cicipi saat liburan ke kota tempat Jembatan Ampera membelah Sungai Musi itu. Berikut adalah lima di antaranya.

5 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicicipi Selain Pempek

1. Tekwan

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Palembang adalah Tekwan. Tekwan terbuat dari bahan yang hampir sama dengan pempek, yakni ikan dan tepung. Bedanya, bentuk tekwan yang bulat-bulat kecil lebih menyerupai bakso.

Tekwan biasanya disajikan dengan bihun dan jamur kuping. Adapun kuahnya menggunakan kaldu udang. Tekwan biasanya disajikan dalam keadaan panas dengan taburan seledri, bawang goreng, dan daun bawang. Rasa tekwan yang gurih dan pedas membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan. Maka, Anda pun harus mencicipi kuliner yang satu ini.

2. Laksan

Kuliner kedua yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Palembang adalah Laksan. Kuliner yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung sagu, sama seperti pempek dan tekwan. Adapun tampilan laksan mirip dengan pempek lenjer yang dipotong melintang. Potongan itu kemudian disajikan dengan kuah santan yang gurih. Kuliner ini sangat cocok disajikan dalam keadaan panas.

Baca juga : Objek Wisata di Palembang yang Paling Indah

3. Martabak Har

Kuliner ketiga yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Palembang adalah martabak har. Kudapan yang sangat populer di Palembang ini sebenarnya berasal dari India. Bahan dasarnya yaitu telur ayam, telur bebek dan tepung terigu.

Salah satu keistimewaan martabak har adalah tekstur kulitnya yang kering dan renyah. Martabak har biasanya disajikan bersama kari ayam dan kentang. Martabak ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kudapan ringan, tapi mengenyangkan.

4. Kue Maksuba

Kuliner keempat yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Palembang adalah kue Maksuba. Makanan khas Palembang yang memiliki rasa manis ini dibuat dengan bahan dasar telur bebek dan krim kental manis. Telur yang dibutuhkan untuk satu adonan kue maksuba bisa mencapai 28 butir.

Adapun cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat kue lapis legit yang kita kenal. Selain rasanya yang enak, kudapan ini juga memiliki sejarah yang unik. Konon, pada zaman dahulu kue maksuba merupakan makanan khas istana Kesultanan di Palembang yang disajikan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan istana. Kini, kue maksuba paling sering disajikan saat hari raya.

Baca juga : Destinasi Wisata Favorit Palembang

5. Tempoyak

Kuliner kelima yang wajib Anda cicipi saat liburan ke Palembang adalah tempoyak. Kuliner ini memiliki rasa yang unik karena dibuat dengan bahan yang unik juga. Tempoyak merupakan daging durian yang ditumis dengan isian cabai dan bawang.

Warna tempoyak kuning kemerahan, sementara teksturnya lembut menyerupai saus. Tempoyak kerap disajikan sebagai pelengkap makanan lain seperti pindang ikan patin. Rasa tempoyak yang gurih akan memberikan kombinasi cita rasa yang akan membekas di lidah Anda.

Itulah lima kuliner khas yang wajib Anda cicipi saat Anda liburan ke Palembang. Jika Anda ingin liburan ke Palembang, dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik hanya di via.com. Di situs via.id, Anda juga bisa memilih aneka akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan liburan Anda, mulai dari tiket pesawat, kereta api, hotel, penginapan, hingga paket wisata.

Temukan promo penerbangan menarik berupa potongan harga sebesar 5% dari maskapai Citilink ke semua kota di Indonesia hanya di situs via.idTidak perlu khawatir ada biaya tambahan saat sedang menikmati liburan, karena harga yang tercantum di situs via.comadalah harga yang harus Anda bayar. Tunggu apalagi, yuk segera rancang liburan berkesan Anda hanya bersama via.com.

Sumber :  Ohayo.co.id, UC News