OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 29 Agustus 2018

Aa Gym Takdir Prabowo Presiden. Deddy Mizwar Balak Kosong, Jokowi Bakal Kecewa

Aa Gym Takdir Prabowo Presiden. Deddy Mizwar Balak Kosong, Jokowi Bakal Kecewa




Aa Gym dan Prabowo Subianto

10Berita, Strategi Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin berupaya menggerus suara Prabowo Subianto di di Jawa Barat dengan meminang Deddy Mizwar dinilai langkah sia-sia. Kunci kemenangan suara Jawa Barat di tangan ulama, salah satunya Pimpinan Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi pernah mengibaratkan Demiz--sapaan akrab Deddy Mizwar--sebagai balak kosong. Faktor Demiz menjadi salah satu penyebab kekalahannya di Pilkada Jabar 2018. Pasangan Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar kalah telak dari Ridwan Kamil-Uu.

Semula, dilansir Liputan6.com, Senin (2/7/2018), Dedi menyangka kedekatan Demiz dengan PKS dan Gerindra akan membantu untuk mendulang suara dari para pendukung tagar #2019GantiPresiden. Ternyata tidak. Bahkan, Demiz tidak berhasil menyelamatkan suara di TPS-nya sendiri.

Aa Gym dan Prabowo Subianto

Tak hanya itu, yang membuat kecewa Demiz sulit untuk diajak koordinasi karena lebih percaya dengan tim konsultan politiknya sendiri. Mungkin itu yang membuat Dedi Mulyani mengibaratkan Demiz sebagai bakal kosong.

Merujuk pengalaman di Pilkada Jabar, sosok Deddy Mizwar dinilai tidak akan dapat berbuat banyak untuk merebut suara Prabowo. Apalagi, Jawa Barat sebagai lumbung suara Gerindra dan PKS terkenal memiliki pemilih yang militan.

Referensi pihak ketiga

Seharusnya, TKN Jokowi-Ma'ruf lebih mempertimbangkan sosok ulama kharismatik Jawa Barat sebagai juru bicara. Pasalnya, selain memiliki basis massa militan, Prabowo sangat dekat Aa Gym. Kedekatan keduanya sering diartikan sebagai dukungan moral atau tidak langsung Aa Gym kepada Prabowo.

Aa Gym pernah menggambarkan mantan Danjen Kopassus itu sebagai sosok yang paling gigih berjuang dan orang yang paling ikhlas. Orang yang paling ikhlas adalah orang yang tidak ambil pusing dengan pendapat orang. Jika memang sudah takdirnya, Prabowo akan menjadi presiden.(triaji)

Sumber : UC News