OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 06 Agustus 2018

Bernie Sanders jadi Timses Cagub Muslim

Bernie Sanders jadi Timses Cagub Muslim

10Berita, AMERIKA SERIKAT—Bernie Sanders dan Alexandria Ocasio-Cortez dikabarkan telah bergabung menjadi timses calon gubernur Muslim. Sanders dan Cortez memilih calon yang tidak diunggulkan tetapi berpotensi menjadi kandidat dalam pemungutan suara di Michigan pekan depan: Abdul El-Sayed, seorang dokter berusia 33 tahun yang akan menjadi gubernur muslim pertama di negara itu.

Bernard “Bernie” Sanders, 76, adalah seorang politisi Amerika Serikat. Ia merupakan anggota Senat Amerika Serikat dari negara bagian Vermont sejak tahun 2007, setelah sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari negara bagian tersebut dari tahun 1991 hingga 2007. Ia mencalonkan diri untuk menjadi Presiden Amerika Serikat lewat jalur Partai Demokrat pada pemilihan umum presiden 2016.

BACA JUGA: Juru Bicara Gedung Putih Diusir dari Sebuah Restoran karena Dianggap Telah Bekerja untuk Trump

Sanders menghabiskan akhir pekan terakhir untuk berkampanye di negara bagian itu. Sedangkan Ocasio-Cortez ada di sana minggu lalu untuk berkampanye dengan El-Sayed menjelang pemilihan utama Demokrat, Selasa (31/7/201) pekan lalu. Dia juga memiliki konstelasi kelompok-kelompok kiri-keras di sudutnya, termasuk MoveOn.org, Justice Democrats and Our Revolution, cabang dari kampanye presidensial Sanders yang gagal.

Setelah jeda bulan Juli di musim primer, pemilu di Michigan merupakan kesempatan pertama bagi kaum liberal gerilyawan untuk mendorong Demokrat ke arah kiri sejak kemenangan Ocasio-Cortez atas Rep. Joe Crowley enam minggu lalu.

Kampanye ini juga merupakan ujian nyata pertama dari aliansi yang sedang berkembang antara Sanders dan Ocasio-Cortez, yang juga telah berkampanye untuk dua calon kongres pada pemungutan suara minggu depan di Kansas.

BACA JUGA: Calon Kandidat Presiden Prancis: Saya Bersyukur Disebut Bilal

El-Sayed, seorang kandidat pertama kali yang mengikuti jejak pemilihan umum, telah muncul sebagai ancaman bagi front-runner, mantan Senator Gretchen Whitmer. Whitmer adalah favorit Demokrat yang paling terpilih serta kelompok buruh dan perempuan yang terorganisir seperti Daftar EMILY, yang mendukung perempuan Demokrat untuk hak aborsi.

Setiap polling publik yang telah dilakukan menunjukkan Whitmer memimpin El-Sayed dan pengusaha Shri Thanedar, seorang self-funder yang telah menyelimuti siaran televisi dengan iklan televisi tetapi belum terbakar. Tapi dengan ‘terjun payungnya’ Sandeers ke Michigan akhir pekan ini, pendukung El-Sayed dan sekutu Sanders terlihat semakin kuat baru-baru ini. []

SUMBER: POLITICO,  Islampos.