OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Muslim  Brazil Gunakan Komik untuk Lawan Islamofobia

Muslim  Brazil Gunakan Komik untuk Lawan Islamofobia

10Berita, MUSLIM Brasil punya cara unik untuk mengatasi meningkatnya kasus Islamofobia. Menurut laporan, sebuah buku komik anak-anak Brasil yang menampilkan karakter Muslim akan diluncurkan pada 2 Agustus oleh Federasi Asosiasi Muslim Brasil (FAMBRAS). Komik ini akan diluncurkan bertepatan dengan festival Buku Tahunan ke-25 di Sao Paulo International di Anhembi Convention Center.

“Buku ini menunjukkan, dengan cara yang menghibur, bahwa setiap orang adalah sama, terlepas dari agama yang mereka anut,” kata My Salaam mengutip FAMBRAS, kelompok Muslim terkemuka di Brasil, Kamis (2/8/2018).

Buku itu, berjudul “Khalil e sua turma” atau diterjemahkan menjadi “Khalil and Teman-temannya.” Buku komik ini membahas kehidupan sehari-hari seorang anak laki-laki Muslim bernama Khalil yang suka bermain sepak bola dan bergaul dengan teman-teman tetangganya. Tapi, ketika mereka berdebat, dia dipukul dengan kata-kata kebencian Islamofobia.

Kisah ini menunjukkan saat ketika Khalil bangkit kembali dari situasi dan menunjukkan kepada teman-temannya bahwa Islam adalah agama yang damai dan bahwa dia seperti anak-anak lain yang ingin bermain dan bersenang-senang.

Penulis buku itu adalah penulis skenario dan seniman komik Brazil Rogerio Mascarenhas, yang dikenal sebagai Romahs, yang bekerja untuk “Monica and Friends.

Ilustrasi itu dilakukan oleh ilustrator Maroko Malika Dahil Aguiar, yang tinggal di Brasil. Menurut My Salaam, pengumuman rilis pada 2 Agustus berbeda dari tanggal peluncuran resmi yang belum ditetapkan, tetapi Malika harus hadir.

FAMBRAS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penindasan agama dan bentuk prasangka lain selama pameran buku internasional yang akan berlangsung di Anhembi Convention Center di Sao Paolo antara 2 dan 12 Agustus.

Dalam kedudukannya, FAMBRAS juga akan mendistribusikan publikasi lain secara gratis, yang biasanya dilakukan organisasi di luar acara i

Selain itu, wakil presiden federasi, Ali Husseim El Zoghbi, juga akan berpartisipasi dalam perdebatan “Agama dan Zaman Modern” pada agama-agama yang berbeda di dunia pada 8 Agustus di Arena Cultural.

BACA JUGA: Islamfobia di Belanda, Mendapat Hukuman Pidana

Islam adalah agama minoritas di Brasil , pertama kali dibawa oleh budak Afrika dan kemudian oleh imigran Libanon dan Suriah.

Jumlah Muslim di Brasil, menurut sensus 2010, adalah 35.207. Asosiasi Muslim di Brasil, bagaimanapun, memberi jumlah pengikut yang lebih tinggi: dari 400.000 hingga 1,5 juta. Perkiraan ini mencakup kisaran 0,01-0,75% dari penduduk Brasil. []

SUMBER: ABOUTISLAM,  Islampos.