OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Utang Gak Abis-Abis? Pakai Cara Ampuh Ini Biar Cepat Lunas

Utang Gak Abis-Abis? Pakai Cara Ampuh Ini Biar Cepat Lunas

10Berita, Pernah dengar cara bayar utang pakai metode debt snowball? Eh, gak tau? Ok, mungkin kamu bukan satu-satunya.

Niat hati hidup bebas utang apa daya deretan kredit masih mengintai. Udah biasa. Dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), kartu kredit, dan lainnya.

Memang sih dengan penghasilan yang didapatkan tiap bulan, pembayaran cicilan masih dalam situasi aman. Tapi, sampai kapan? Sampai kapan gaji cuma numpang lewat karena banyak kepangkas buat bayar cicilan?

Tenang, tenang. Itu kenapa kita mau bahas metode debt snowball. Sebuah riset dari menemukan bahwa cara yang digunakan dalam metode snowball cukup efektif dalam membantumu terbebas dari utang.

(Image: learntotrademarket)

Metode debt snowball dipopulerkan oleh Dave Ramsey, seorang perencana keuangan asal Amerika.

Secara sederhana, metode ini dilakukan dengan membayar cicilan utang dengan mengurutkannya dari utang terkecil hingga utang terbesar.

Begini tahapannya:

Urutkan semua utang dari yang terkecil hingga terbesarBayar semua utang dengan pembayaran minimum, kecuali untuk utang terkecilBayar cicilan untuk utang nominal terkecil sebanyak mungkinUlangi terus sampai semua utang lunas

Biar lebih jelas, yuk langsung aja kita simulasikan.

Simulasi

Contoh kasus: Pak Rudi punya 4 buah utang dengan rincian sebagai berikut:

Jika diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar, menjadi (bunga diabaikan):


Dengan metode debt snowball, Pak Rudi harus melunasi utang paling rendah dulu, yaitu kartu kredit 2. Untuk mempercepat proses pelunasan utang ini, Pak Rudi perlu membayar di atas cicilan minimum, misalnya jadi Rp 700.000. Sementara pada lainnya tetap membayar pada batas cicilan minimum.

Dengan cara ini, daftar utang Pak Rudy akan segera berkurang sehingga ia jadi lebih termotivasi untuk memangkas utang lain dalam daftarnya.

Strategi ini sangat cocok buat kamu yang berorientasi pada hasil atau ingin melihat hasil secara cepat. Secara psikologis, berkurangnya daftar utang juga dapat membuat pikiran jadi lebih tenang.

Tapi…

Meski metode ini telah banyak membuktikan kesuksesan, bukan berarti gak punya cela. Jika berfokus kepada besarnya nominal utang tanpa mempertimbangkan bunga yang ada, utang mungkin bisa lekas terpangkas, tapi biayanya bisa jadi lebih besar.

Bayangkan jika kamu punya utang yang cukup besar dengan bunga yang tinggi pula. Namun, karena kamu berfokus melunasi utang-utang yang “kecil”, utang berbunga tinggi tersebut jadi lebih lama dib

(Image: wallethub)

ayarkan sehingga biaya bunganya jadi lebih besar pula. Ini harus jadi faktor utama yang perlu kamu pertimbangkan kalau mau menerapkan metode ini.

Meski begitu, jika kumpulan utang yang kamu miliki punya bunga yang tidak terlalu berbeda satu sama lain, strategi ini bisa jadi cara terbaik yang layak kamu coba.(Moneysmart)

Sumber : UC News