OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 20 Agustus 2018

Puluhan Orang Terluka Akibat Gempa Magnitudo 7,0 di Lombok

Puluhan Orang Terluka Akibat Gempa Magnitudo 7,0 di Lombok

itudo 7,0 yang kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (19/8) malam memperparah kondisi kerusakan di kawasan Lombok Timur. Kementerian Sosial mencatat selain kerusakan fisik, gempa tersebut juga menewaskan satu orang di Labuhan Lombok.

"Ada yang meninggal satu orang di Labuhan Lombok. Korban luka-luka diperkirakan puluhan orang," kata Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam Kemensos, Iyan Kusmadiana saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (20/8).

Wilayah Lombok pada Minggu malam pukul 21.56 WIB diguncang gempa dengan magnitudo 7,0. Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) menyebut lokasi gempa t ada di 8.28 Lintang Selatan, 116.71 Bujur Timur, atau 30 km Timur Laut Lombok Timur.

Gempa terjadi di kedalaman 10 Km.  Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Puwo Nugroho mengungkapkan gempa tersebut menewaskan dua orang warga di Lombok Timur dan Sumbawa Besar.

Kata Sutopo, korban tewas akibat tertimpa bangunan roboh.

Sementara itu Iyan mengatakan kerusakan di Lombok Timur semakin parah akibat gempa Minggu malam.

"Bertambah lagi kerusakannya. Rumah-rumah roboh," ujar Iyan.

Untuk kondisi pengungsi, Iyan mengatakan gempa Minggu malam tidak terlalu mempengaruhi para pengungsi terutama di Lombok Timur.

"Tidak ada yang terluka. Mereka masih di tenda pengungsian. Penambahan pengungsi juga tidak ada karena hampir semua warga di Lombok Timur memang mengungsi akibat gempa sebelumnya," kata Iyan.

"Kami hanya terus memberikan pendampingan kepada mereka supaya tidak terkena isu tertentu atau hoaks," kata dia lagi.

Iyan menambahkan pihaknya saat ini masih terus melakukan penyisiran mencari korban gempa Minggu malam. 

Sumber : cnn Indonesia