OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 29 September 2018

Didatangi Jokowi, Sultan Hamangkubuwono Nyatakan Tak Berpihak

Didatangi Jokowi, Sultan Hamangkubuwono Nyatakan Tak Berpihak


Menemui Sultan, Jokowi sarapan pagi bersama.

Joko Widodo. (Suara.com/Somad)

10BeritaRaja Yogyakarta, Sri Sultan Hamangkubuwono X menyatakan netral dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Pemilu 2019 atau Pilpres 2019. Meski, Jumat (28/9/2018) hari ini dia didatangi salah satu Capres, Joko Widodo atau Jokowi.

Menemui Sultan, Jokowi sarapan pagi bersama. Jokowi beralasan menemui Sultan hanya sekadar silahturahmi.

Baca Juga : Duh... Jurkam Jokowi Ribuan, Prabowo - Sandiaga Hanya Puluhan

“Jadi saya kan sering ke Jogja, sibuknya acara saya gak bisa bersilaturahmi ke Keraton,” kata Jokowi usai menghadiri kegiatan penyerahan sertifikat kepada masyarakat Yogyakarta di gedung Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Jumat (28/9/2018).

Jokowi menjelaskan kedatangannya bukan atas kehendak dirinya, melainkan diundang oleh Sultan HB X untuk sarapan pagi. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dihidangkan sarapan pagi dengan menu olahan jajanan pasar. Saat disinggung perihal pembicaraan akan dukungan pemilihan Presiden, Jokowi enggan menyebutkan, ia justru banyak menyinggung obrolan seputar cucunya.

“Sarapannnya tadi ada gatot, cendil, ketan ireng, lupis dan bicara banyak hal terutama cucu, ada juga yang serius mengenai negara dan kebangsaan,’’ ujarnya.

Sultan HB X saat dikonfirmasi akan pembahasan pertemuan itu mengatakan bahwa dirinya justru netral tidak memilih siapapun, meskipun ia membenarkan telah mengundang orang nomor 1 itu ke ke kerajaan.

Baca Juga : Ke Keraton, Ini Isi Obrolan Jokowi saat Bertemu Sultan Yogyakarta

“Saya gak ada hubungannya, harus netral, masak apa-apa tak sampaikan. saya gak boleh( dukung-red), itu nanti di TP’’ ujar Sultan HB X.

Kontributor : Abdus Somad

Sumber : Suara.com