OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 23 September 2018

Salut! Kubu Jokowi Ngotot Soal Nomor Urut, Begini Reaksi Kubu Prabowo

Salut! Kubu Jokowi Ngotot Soal Nomor Urut, Begini Reaksi Kubu Prabowo

 

10Berita, Jokowi dan Prabowo saat pengundian nomor urut | tempo.co

Ada hal yang unik pada pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2019 yang digelar Jumat (21/9). Hasil undian menetapkan pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nomor urut 01 sementara Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 02. Mungkin sebagian orang jadi bertanya-tanya: kok nomornya 01 dan 02? Kenapa tidak 1 dan 2 saja?

Usut punya usut, seperti dilansir dari detik.com (21/09/2018), angka 0 ditambahkan di depan angka 1 dan 2 karena usulan dari kubu Jokowi-Ma'ruf. Mereka beralasan bahwa penggunaan nomor 01 dan 02 bertujuan untuk membedakan nomor urut pasangan capres-cawapres dengan nomor urut partai.

Seperti diketahui, Pilpres 2019 akan digelar serentak dengan Pileg. Karena parpol-parpol yang ikut Pileg sudah menggunakan nomor 1, 2, dan seterusnya, maka kubu Jokowi ingin agar nomor urut capres-cawapres dibedakan.

Selain itu, kubu Jokowi juga mengusulkan hal tersebut agar tidak ada parpol yang "diuntungkan" karena memiliki nomor urut yang sama dengan pasangan capres-cawapres. Parpol yang akan menggunakan nomor urut 1 dan 2 sendiri adalah PKB dan Gerindra.

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi berfoto setelah pengambilan nomor urut | inews.id

KPU pun menerima usulan dari kubu Jokowi tersebut karena memang tidak melanggar aturan apapun. Lalu bagaimana reaksi dari kubu Prabowo?

Ternyata, pasangan Prabowo-Sandi menunjukkan sikap legowo. Jubir Koalisi Indonesia Adil Makmur (koalisi Prabowo-Sandi) Danhil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa kubunya tidak ada masalah soal apakah nomor urut menggunakan angka 0 atau tidak.

"Itu yang keberatan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Sebenarnya kami nggak ada masalah, tapi mereka ngotot supaya ada. Sebenarnya dari kami posisi 1 dan 2 ya no problem, tapi pasangan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin minta ada '0'-nya. Ya sudah, Pak Prabowo-Sandi ikhlas saja."


Lalu seolah ingin menegaskan keikhlasan kubunya, Danhil menambahkan:

"Asyiknya koalisi ini, semuanya ikhlas. Mau nomor 1 atau 2, nggak ada masalah."


Danhil Anzar Simanjuntak: kubu Jokowi ngotot, kami ikhlas saja | detik.com

Sikap pasangan Prabowo-Sandi tersebut tentu patut dipuji. Keikhlasan mereka membuat acara pengundian nomor urut berjalan lancar dan tepat waktu. Kabarnya usulan tersebut sempat dirundingkan oleh kedua pasangan bersama KPU dan hanya dalam waktu kurang dari satu menit sudah langsung diterima karena semua pihak langsung setuju.

Meskipun sebenarnya, kalau dipikir-pikir penambahan angka 0 tidak akan terlalu banyak berpengaruh dalam masa kampanye nanti. Pasalnya, kemungkinan besar masyarakat toh hanya akan mengingat nomor 1 dan 2 nya saja. Tapi setidaknya hal itu bisa sedikit memberi gambaran keikhlasan yang perlu ditiru oleh kedua pihak yang bersaing dan masyarakat yang mendukung mereka.(Kopi pagi)

Sumber : UC News