10Berita, Bumi planet hijau tempat hidup umat manusia. Tahukan Ucers bahwa Bumi adalah satu-satunya planet di Tata surya yang tidak dinamai berdasarkan nama dewa Yunani. Ada banyak fakta mencengangkan tentang bumi. Penulis hanya merangkumnya dalam 5 fakta mengejutkan tentang bumi, yuk dibaca:
1. Bulan pernah menjadi bagian dari bumi

Referensi pihak ketiga
Menurut ilmuwan Swedia, sekitar 4.36 Milyar tahun yang lalu, bumi bertam=brakan dengan sebuah benda langit yang mengakibatkan bulan terpisah dari bumi. Dikatakan bahwa komposisi bulan serupa dengan komposisi bumi.
2. Gunung Everest bukan gunung tertinggi di dunia

Referensi pihak ketiga
Selama ini banyak yang meyakini bahwa gunung Everest adalah gunung tertinggi. Namun peneliti menemukan fakta bahwa sebenarnya gunung tertinggi adalah gunung Mauna Kea di Hawai dengan ketinggian 4.205 meter diatas permukaan laut. Sebagian besar gunung Mauna Kea berada di bawah permukaan laut. Jika diukur dari dasar gunungnya, maka ketingginya mencapai 10.203 meter. Lebih tiinggi 1355 meter dari gunung Everest.
3. Jumalah air tawar hanya 3% dari total air yang ada di bumi

Referensi pihak ketiga
Sebagian besar bumi terdiri dari air. Hanya 3% air tawar yang bisa digunakan oleh manusia sedangkan 97% nya merupakan air laut yang asin.
4. Ratusan juta tahun lalu bumi hanya memiliki satu benua

Referensi pihak ketiga
Ratusan juta tahun yang lalu bumi hanya memiliki satu benua yaitu benua Pangaea. Lalu perlahan-lahan berpisah sehingga menjadi 7 benua seperti sekarang. Konon katanya 250-300 tahun yang akan datang benua di bumi akan bersatu kembali.
5. Munculnya benua baru

Referensi pihak ketiga
Benua ini terletak di Pasifik Selatan yang terbentuk dari kumpulan sampah laut yang sudah mengapung sejak puluhan tahun yang lalu. Tak tanggung-tanggung, ukuran benua baru ini adalah seukuran Texas.
Fakta-fakta tentang bumi yang baru diketahui banyak yang membuat tercengang. Terutama no 5 yang mengatakan bahwa telah muncul benua baru. Sayangnya benua baru yang disebutkan terbuat dari sampah. Bisa dibayangkan betapa banyaknya sampah yang telah di buang kelautan.

Sumber :
tribunnews.com
kitamuda.com