prioritas-pemerintah bukan-infrastruktur (foto: aktual.com)
10Berita, Persoalan hutang negara yang semakin membengkak, memang menjadi sorotan banyak pihak, selain juga dijadikan bahan gorengan lawan politik Jokowi untuk menggoyang elektabilitas sang petahana tersebut. Namun demikian persoalan hutang tersebut tetaplah jadi penilaian buruk dimata para ekonom tanah air.
Diantara mereka yang menyoroti perihal hutang negara yang terus mengalami kenaikan ini ada sosok Ekonom Faisal Basri, berbeda dengan klaim pemerintah dimana hutang digunakan untuk membangun infrastruktur, Faisal menyebut, utang Indonesia ternyata tidak hanya digunakan untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara besar-besaran di era Presiden Joko Widodo.
faisal basri sebut utang-boleh-aman-cicilannya-bikin-runyam (foto: inilah.com)
“Pernyataan ini tak tepat karena sesuai dengan datanya, utang Indonesia paling banyak digunakan untuk hal lain…Karena utang sudah dipakai untuk kita bayar utang lagi,” ujar Faisal, seperti dilansir laman riaueditor.com (17/09/2018).
Disisi lain Faisal juga mengkritik pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian bahwa Indonesia harus berutang, dengan argumen jika tidak berutang, maka pembangunan infrastruktur tidak akan jalan.
Berdasarkan sejumlah data yang ia himpun, Faisal mengungkap utang Indonesia paling banyak digunakan untuk membayar bunga dari utang yang lalu, terlihat dari kenaikan utang yang digunakan membayar bunga hutang sebesar 6% yakni dari 11,1% menjadi 17,1%.
Sementara prosentase utang yang digunakan untuk belanja infrastruktur, justru hanya mengalami kenaikan sebesar 1%, naik dari 12,2% menjadi 13,2%. Dalam hal ini Faisal mengajak masyarakat untuk lebih kritis dalam menyikapi pernyataan pemerintah, tak langsung percaya menyah mentah akan tetapi memeriksa terlebih dahulu datanya.
faisal-basri-hati-hati-akan-ada-krisis-ekonomi (foto: sindonews.com)
“Ayo kita sikapi dengan kritis kembali ke data. Jangan percaya apa kata orang dan kembali ke data-data, ini harus hati-hati. Karena sekarang banyak dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu,” demikian imbau Faisal.

Sumber:
Riaueditor.com/view/Ekbis/53888/Ternyata-Utang-Indonesia-Habis-Buat-Bayar-Bunga--Bukan-Bangun-Infrastruktur.html#.W6UAYmsxfqA
Detik.com/berita-jawa-timur/d-4215998/faisal-basri-sebut-utang-indonesia-terbanyak-untuk-bayar-bunga
kompas.com/read/2018/03/22/061959926/berita-populer-kritik-pedas-faisal-basri-terhadap-kenaikan-utang-luar-negeri