Referensi pihak ketiga
10Berita, Suatu hari, Abdullah bin Abbas ingin mengetahui cara Rasulullah melaksanakan shalat. Ia pun memutuskan untuk diam-diam menginap di rumah bibinya, Maimunah bin Harits, salah seorang istri Rasulullah.
Saat Rasulullah akan melaksanakan shalat malam. Abdullah segera mengikutinya dan dengan sigap ia membawakan air untuk Rasulullah berwudhu.
Ia pun bisa melihat langsung cara Rasulullah berwudhu. Lalu, Rasulullah mengelus rambut Abdullah dan berdo’a, “Ya Allah, berilah ia ilmu agama yang mendalam dan ajarilah ia tafsir kitab-Mu.”
Kemudian, Rasulullah mengerjakan shalat malam dan istrinya, Maimunah menjadi makmumnya. Abdullah pun berdiri di belakang Rasulullah dan mengikutinya.
Lalu, Rasulullah menempatkan Abdullah sejajar dengan beliau. Namun, Abdulah mundur dan berdiri di belakang Rasulullah kembali.
Setelah selesai shalat, Rasulullah menanyakan alasan Abdullah mundur lagi setelah beliau menempatkan Abdullah sejajar dengannya. Abdullah menjawab bahwa ia merasa tidak pantas berdiri sejajar dengan rasulllah.
Mendengar jawaban Abdullah tersebut, Rasulullah kembali mendoakan Abdullah dengan doa yang sama seperti doa yang sebelumnya. Sejak saat itu, ia pun selalu menghadiri majelis-majelis Rasulullah.
Ia selalu mendengarkan perkataan Rasulullah dengan seksama kemudian ia menghafalnya. Begitulah seterusnya Abdullah mempelajari ilmu agama.
Sumber : www.dunianabi.com