10Berita, Seiring dengan teknologi yang digunakan oleh operator seluler, kecepatan internet di Indonesia kini semakin baik.Kehadiran jaringan 4G dan 4,5G yang banyak dinikmati di kota-kota besar hingga kabupaten pun membuat pengguna kian leluasa mengakses segala layanan di dunia maya. Browsing, media sosial, streaming musik dan video pun bisa lebih cepat.Nah, di antara sekian banyak operator telekomunikasi yang menghadirkan layanan internet di Indonesia, operator mana yang internetnya paling ngebut?
Referensi pihak ketiga
Telkomsel masih unggul dalam hal kecepatan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload) di jaringan internet 4G LTE. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari perusahaan pemetaan cakupan jaringan nirkabel, OpenSignal, untuk periode semester pertama 2018.Kecepatan download operator pelat merah tersebut berada di kisaran 12,9 Mbps. Sementara itu, kecepatan upload rata-rata-nya 7,3 Mbps.
Pada laporan terbaru, Smartfren menunjukkan pertumbuhan kecepatan internet yang signifikan. Untuk kecepatan download 4G LTE dan gabungan dengan 3G, peningkatannya mencapai 44 persen yakni dari 6,8 Mbps menjadi 13,94 Mbps.Misalnya saja, untuk kecepatan download di jaringan 2G/3G/4G, internet Smartfren dinyatakan paling ngebut dengan kecepatan rata-rata 13,94Mbps.Pada kategori lainnya, yakni kecepatan upload untuk jaringan 2G/3G/4G, Telkomsel dinyatakan lebih unggul dengan kecepatan rata-rata 4,41Mbps.Smartfren bertengger di bawahnya dengan kecepatan unggah 4,21Mbps, diikuti XL Axiata dengan kecepatan 3,95Mbps, Tri dengan kecepatan 2,83Mbps, Indosat Ooredoo dengan kecepatan internet 2,33Mbps, dan Bolt 1,08Mbps.
Salah satu hal yang kini dilakukan pengguna saat membuka smartphone adalah streaming konten video maupun musik.Berdasarkan pengujian di aplikasi nPerf, streaming di jaringan internet XL Axiata dan Bolt ternyata memiliki tingkat performa terbaik saat streaming video.Performa terbaik selanjutnya adalah Tri, Telkomsel, Smartfren, dan Indosat Ooredoo.
Jadi,operatormu yang mana guys ?tulis di komentar.
Sumber:kompas.com