Merdeka.com
10Berita, Mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Kwik Kian Gie, memberikan kritik pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Hal ini diungkapkan Kwik Kian Gie ketika menjadi pembicara di acara 'Tokoh Kita',yang ditayangkan Jak TV, Sabtu (13/10/2018).
Ia berkomentar terkait era Jokowi yang galak membangun infrastruktur, namun juga banyak menumpuk utang.
Meski begitu, Kwik Kian Gie pun tidak sepenuhnya menyalahkan Jokowi atas banyaknya utang yang dimiliki Indonesia.
"Tapi kan bukan kesalahan Pak Jokowi melulu (utang negara)," ujar Kwik.
Kwik mengatakan, saat ini Jokowi telah memiliki Menteri-menteri yang hebat.
Namun, ia menduga, Jokowi tidak mau mendengar usulan para menteri tersebut.
Radarcirebon.com
"Menterinya kan teknokrat-teknokrat, doktor-doktor, Ibu Sri Mulyani dipuji sebagai Meteri Keuangan terbaik di dunia mengapa (tetap berutang)? dugaan saya sudah memberitahu tapi pak Jokowi gak mau tau, (prinsipnya) pokoknya, dugaan saya begitu," ujar Kwik
Ia juga menyadari, jika Presiden tidak harus mengetahui segala bidang, namun presiden harus memiliki pandangan untuk menyerap masalah-masalah yang timbul
Merdeka.com
Dia harus punya pandangan yang bisa menyerap o iya, yang saya amati kecenderungan Pak Jokowi gak mau tau, pokoknya ini," ujar politikus PDIP ini.
Kwik juga menyoroti soal masalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menunggak.
Ia menilai, seharusnya BPJS bisa digunakan untuk proyek pembangunan yang lain.
"BPJS itu barang yang sangat indah, itu gudang uang, karena yang sedang memiliki pendapatan diambil pendapatannya sedikit, dikumpulkan untuk tujuan tertentu bagi mereka yang sedang sakit."
"Presentasi yang sedang sakit itu kecil sekali, jadi premi itu menumpuk besar sekali di semua negara itulah yang dipakai untuk membiayai perumahan jangka panjang perumahan rakyat, lah kita tidak," tambahnya.
Seperti yang kita rau Kwik dikenal sebagai fungsionaris PDIP. Dan juga dikenal orang dekat Megawati Soekarnoputri. Pada Pilpres 2019, PDIP mengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.
Detik.com
Kwik Kian Gie adalah seorang ahli ekonomi sekaligus politikus. Karena kepiawaian di bidang ekonomi pada era pemerintahan Gus Dur, Kwik Kian Gie diangkat menjadi Menteri Koordinator Ekonomi (1999 - 2000) dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional & Ketua Bappenas (2001 - 2004).
Kwik sendiri tak ragu untuk memuji Megawati. Di matanya, Mega adalah sosok yang menjunjung rasa kemanusiaan. "Kemanusiaannya besar sekali sehingga Mega tidak bisa melihat darah mengalir, kerusuhan atau kematian," Kata Kwik.

Sumber : http : // wow . tribunnews . com /amp/2018/10/15/kwik-kian-gie-sebut-jokowi-galak-bangun-infrastruktur-tapi-banyak-menumpuk-utang?page=3/https : // merdeka . com /politik/kwik-kian-gie-orang-dekat-mega-yang-diminta-jadi-penasihat-prabowo.html