tribunnews,com (16/10/2018)
10Berita  – Ketua umum Relawan Jokowi Center Indonesia (RJCI), Raya Desmawanto menilai banyaknya kepala daerah yang melakukan aksi deklarasi mendukung pasangan capres dan cawapres Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin terkesan karena ingin berlindung dari jeratan KPK.
Sehingga menurutnya tidak heran jika banyak dukungan dari kepala daerah yang berdatangan kepada pasangan nomor urut 01 ini.
“Jangan sampai kesannya mereka ingin mendapat perlindungan. Presiden tidak pernah mengintervensi penegakkan hukum,”ujar Raya sebagaimana dilansir dari pojoksatu.id (16/10/2018).

tabloidpewarna.com (16/10/2018)
Raya menegaskan, hal tersebut lantaran penegak hukum termasuk KPK berada dalam koalisi pemenangan Jokowi-Ma’ruf. Dirinya berharap agar dukungan tersebut murni karena kesungguhan ingin mewujudkan Jokowi sebagai presiden di tahun 2019 tanpa ada motif di belakangnya.
Lihat saja faktanya, kepala daerah yang berasal dan didukung parpol koalisi, juga ditangkapi oleh penegak hukum termasuk KPK. Jadi, jangan sampai dukungan itu dikaitkan dengan mencari suaka hukum, itu tidak pernah ada. Saya kira, setiap orang memiliki hak untuk menentukan pilihan politiknya, tapi perlu juga dilihat apa itu motifnya. Kita berharap dukungan kepala daerah itu sungguh-sungguh produktif dan konkret,” ujar tegas Ketua Umum RJCI, Raya Desmawanto kepada wartawan, Selasa (9/10).

klikbabel.com (16/10/2019)
Raya menambahkan, RJCI akan bekerja keras hingga ke menyentuh rakyat kecil khususnya kepada rakyat yang hingga kini belum menentukan pilihan atau ragu dalam memutuskan calon presiden yang mereka pilih pada April 2019 mendatang.
“Kegiatan advokasi, pendampingan dan sosialisasi program pemerintahan, penangkalan kampanye hitam dan hoax terhadap pemerintah akan terus kita kerjakan sampai pilpres mendatang. Kita meyakini, suara akar rumput akan menentukan kemenangan Jokowi-Ma’ruf,” tukasnya.(RH) 
Sumber : UC News