Referensi pihak ketiga
10Berita, Sebagian besar orang Indonesia tidak menyukai daun pepaya yang dikarenakan rasa pahit yang luar biasa. Dan tak banyak orang tahu bagaimana cara menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya.
Berikut ini adalah cara memasak daun pepaya agar tidak pahit menurut orang jaman dulu yang dijamin pasti berhasil :
1. Rebus berkali-kali
Referensi pihak ketiga
Dengan merebus dun pepaya berkali-kali dan mengganti air rebusan memang bisa menghilangkan rasa pahit karena terbawa air rebusan.
2. Rebus bersama daun jambu biji

Referensi pihak ketiga
Daun jambu biji rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Caranya, remas 6-7 lembar daun jambu biji kemudian rebus bersama daun pepaya hingga daunnya matang.
3. Gunakan Garam Kasar

Referensi pihak ketiga
Kamu hanya perlu meremas daun pepaya dengan sejumput garam kasar hingga daunnya layu. Diamkan sejenak selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
4. Rebus dengan tanah lempung

Referensi pihak ketiga
Merebus daun pepaya dengan tanah lempung atau tanah liat dapat menghilangkan rasa pahit daun pepaya secara efektif. Yang perlu kamu lakukan hanya mencampur air bersih dengan sedikit tanah liat. Sebelum daun pepaya matang, cuci daunnya dengan air yang mengalir lalu rebus kembali dengan air bersih sampai empuk.
5. Rebus dengan asam jawa

Referensi pihak ketiga
Merebus asam jawa bersama daun pepaya juga ternyata dapat mengurangi sekaligus menambahkan aromanya, lho. Cukup rebus 5 butir asam jawa dengan daun pepaya hingga matang, kemudian cuci hingga bersih.
Itulah beberapa cara menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya sebelum kamu memasaknya. Kamu harus mencobanya !
Sumber dari tribunnews.com