Referensi pihak ketiga
10Berita, Informasi yang dilansir IndonesiaLeaks menjadi perbincangan berbagai pihak akhir-akhir ini. Pasalnya artikel pertamanya yakni dugaan perobekan barang bukti di KPK yang dikenal dengan buku merah.
Namun ada banyak pihak yang menyangsikan kebenaran lansiran Indonesialeaks tersebut, bahkan ada sejumlah pihak menyebut artikel tersebut adalah hoax.
Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Abdul Manan, dirinya mengatakan bahwa pihaknya siap mengakui kebohongan seperti Ratna Sarumpaet jika informasi Indonesiapeaks tersebut itu hoax, demikian ujar Manan saat konferensi pers di Sekretariat AJI, Jakarta, Minggu (14/10).
Tudingan bahwa Indonesialeaks hoax marak terutama dari kubu capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Namun sebaliknya kubu Prabowo memanfaatkan info ini sebagai bahan gorengan untuk menyerang kubu pertahana.
Abdul Manan menegaskan, jika ada orang bilang Indonesialeaks hoax, maka kemungkinan dia belum pernah membuka dan belum membaca. Kedua dia fanatik.
Manan menambahkan, bahwa prinsip kerja jurnalistik yang sudah dilakukan artikel Indoensialeaks selama 7 bulan ini untuk mengungkap fakta info tersebut sudah valid. 
politik.rmol.co/read/2018/10/14/361889/Ketua-AJI:-Bila-Indonesialeaks-Bohong,-Kami-Siap-Mengakui-